Saat Anda hendak memulai bisnis, cara mendapatkan modal usaha adalah hal yang wajib masuk ke dalam pertimbangan. Sebab, sebagus apa pun rencana bisnis dan proposalnya, jika tidak ada modal, maka Anda butuh upaya ekstra agar hal tersebut tercapai.

Untuk membantu menemukan bagaimana cara mendapatkan modal usaha cepat, terutama bagi Anda yang pemula, mari simak tips di bawah ini.

Cara Mendapatkan Modal Usaha

Beberapa cara mendapatkan modal usaha bagi pemula ataupun orang yang sudah pernah terjun ke dalam bisnis, di antaranya adalah:

1. Menggunakan Tabungan Pribadi

bagaimana cara mendapatkan modal usaha

Salah satu langkah paling masuk akal adalah menggunakan tabungan Anda sebagai modal awal usaha. Terlebih jika selama ini Anda memang sudah rutin menabung karena menyisihkan pendapatan bulanan.

Sayangnya cara ini kurang cocok bagi Anda yang memiliki keterbatasan saldo di rekening, sehingga harus menunggu lama agar rencana tersebut terwujud. Maka untuk tahu bisa tidaknya dengan metode ini, silakan hitung dengan rinci mengenai kondisi tabungan dan kebutuhan modal usaha tersebut.

2. Menjual atau Menggadaikan Aset

cara mendapatkan modal usaha bagi pemula

Jika melalui tabungan Anda masih belum mampu menutupi kebutuhan modal usaha, maka cobalah untuk menjual atau menggadaikan aset.

Menjual aset bisa membuat Anda terhindar dari utang atau cicilan, namun jika asetnya bernilai besar, proses menunggunya terjual biasanya akan memakan waktu lama.

Sementara itu menggadaikan aset bisa membuat modal lebih cepat sampai di tangan. Namun ada beberapa aspek yang harus dipertimbangkan secara matang, seperti jumlah uang yang Anda dapat dan risiko menggadaikannya.

Apalagi jika menggadaikan kepada individu, bukan pegadaian atau lembaga resmi, kondisi aset tidak terjamin akan sama seperti awal.

3. Menemukan Investor

menemukan investor

Apabila sumber keuangan dari pribadi masih belum memungkinkan, Anda bisa coba untuk mencari investor. Dibandingkan dengan beberapa metode lain, kerja sama dengan investor bisa memberikan bantuan yang signifikan karena dana yang Anda dapat bisa sangat besar.

Agar menarik minat calon investor tersebut, maka Anda harus membuat proposal atau melakukan presentasi yang meyakinkan agar mereka mau berinvestasi ke dalam bisnis.

Meskipun dana yang Anda dapat cukup besar, namun proses pencarian investor ini cukup menantang. Apalagi jika masih pebisnis pemula, Anda harus berusaha ekstra meyakinkan calon-calon investor tersebut.

4. Meminjam Dana dari Bank

cara mendapatkan modal usaha dari bank

Di Indonesia cara mendapatkan modal usaha dari bank sudah cukup dikenal masyarakat, mengingat sangat banyak usaha kecil yang merasa terbantu dengan adanya pinjaman dari bank.

Ada beberapa opsi untuk melakukan pinjaman bank, yaitu angsuran menggunakan jaminan ataupun tanpa agunan. Keduanya adalah cara cepat mendapatkan uang dengan nominal besar, terlebih ketika semua persyaratan langsung dilengkapi saat pengajuan.

Namun Anda harus siap dengan risiko angsuran rutin setiap bulan dengan bunga yang besar. Terlebih jika mengambil pinjaman tanpa agunan, bunganya pasti akan jauh lebih besar lagi. Ketika bisnis yang Anda rintis belum terlalu menghasilkan, maka pembayarannya akan terasa cukup membebani.

5. Dana Hibah dan Subsidi Pemerintah

cara mendapatkan modal usaha UMKM

Pemerintah selama ini juga sudah lumayan aktif dalam mempermudah pelaku UMKM agar bisa memperoleh modal dengan mudah. Program hibah dan subsidi itu bisa Anda dapatkan dengan mengikuti program khusus UMKM, yaitu BPUM BLT UMKM.

Melalui cara mendapatkan modal usaha UMKM secara cuma-cuma ini, Anda bisa mendapatkan modal sebagai pengembang bisnis tanpa dihantui bunga atau tagihan yang mencekik.

Namun persyaratan yang harus dipenuhi cukup banyak dan ribet, di mana jika kurang satu persyaratan saja, Anda tidak akan lolos menjadi penerima hibah atau subsidi.

6. Mengajak Partner Bisnis

cara mendapatkan modal usaha

Apabila Anda memiliki rekan atau partner yang memiliki satu visi dan misi terkait bisnis, maka tidak ada salahnya untuk mengajaknya bekerja sama. Dengan kucuran modal dari kedua belah pihak, maka kebutuhan dana untuk memulai usaha bisa lebih cepat terkumpul.

Sebelum bekerja sama, pastikanlah berbagai hal terkait usaha tersebut sudah didiskusikan dengan matang. Karena jika tidak sejalan dari awal, maka kemungkinan pecah kongsi atau terjadi masalah di masa mendatang lebih besar.

Hal tersebut bukan hanya menghancurkan bisnis, namun juga relasi baik yang selama ini terjalin.

7. Melalui Sistem PO (Pre Order)

cari donatur buat modal usaha

Meskipun tidak semua usaha bisa menerapkan sistem ini, namun PO juga bisa menjadi langkah saat berbagai cara mencari donatur buat modal usaha di atas tidak berjalan lancar.

Bisnis yang kerap cocok dengan sistem ini adalah bisnis kuliner atau produk kerajinan custom. Anda bisa meminta konsumen untuk DP atau melakukan pelunasan di awal, sehingga uangnya dapat menjadi penggerak operasional bisnis. 

Keuntungan dari produk itu bisa menjadi modal PO berikutnya hingga mengembangkan bisnis. Sementara itu, sisi negatifnya adalah ketika regulasi yang Anda buat kurang jelas, akan rentan terjadi permasalahan dengan konsumen. 

Hal tersebut berkaitan dengan ekspektasi pelanggan ataupun pembatalan order yang membuat Anda harus menanggung kerugian.

8. P2P Lending

P2P Lending

Sekarang banyak sekali aplikasi atau platform pinjaman online yang ramah bagi pengusaha UMKM. Sistem P2P lending ini memudahkan Anda untuk menemukan pemberi dana atau pinjaman dengan cepat. Jika sudah bergabung dengan OJK, kredibilitasnya pun tentu lebih dipercaya.

Sayangnya, bunga yang diterapkan cukup tinggi, sehingga beberapa UMKM tidak cocok dengan sistem ini.

Kabar baiknya, sekarang ada alternatif P2P lending syariah yang bebas bunga atau riba, yaitu Qazwa.

Dengan segala cara mendapatkan modal usaha tersebut, maka menjadi penerima dana di Qazwa adalah solusi yang tepat. Sebab Anda tidak akan tercekik oleh bunga, namun dengan sistem bagi hasil yang menguntungkan kedua pihak. Oleh karena itu, hubungi kami sekarang juga!

 

BACA JUGA! : Cara Mengatasi Gaya Hidup Konsumtif

 

Referensi:

BPJKS Ketenagakerjaan. 5 Cara Mendapatkan Modal untuk Usaha. https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/artikel/17699/artikel-5-cara-mendapatkan-modal-untuk-usaha-.bpjs

Pascasarjana UMSU. Cara Mudah Untuk Mendapatkan Modal Usaha Bagi Pemula. https://pascasarjana.umsu.ac.id/cara-mudah-untuk-mendapatkan-modal-usaha-bagi-pemula/

Maybank Finance. Ingin Usaha Sendiri: Ini 10 Cara Mendapatkan Modal Usaha Awalmu. https://www.maybankfinance.co.id/artikel/cara-mendapatkan-modal-usaha

Liputan 6. 8 Cara Mendapatkan Modal Usaha dan Tipsnya, Buat Proposal Bisnis yang Menarik. https://www.liputan6.com/hot/read/5236307/8-cara-mendapatkan-modal-usaha-dan-tipsnya-buat-proposal-bisnis-yang-menarik

Jurnal . 11 Cara Mudah Mencari Modal Usaha untuk Bisnis. https://www.jurnal.id/id/blog/cara-mudah-mencari-modal-usaha-untuk-bisnis/