Investasi jangka pendek dapat menjadi alternatif untuk Anda yang ingin mencapai target keuangan dalam waktu dekat. Sebab, durasi mendapatkan profitnya lebih cepat daripada investasi jangka panjang.

Namun sebelum memutuskan, sebaiknya Anda pahami dulu semua informasi mengenai investasi jangka pendek, tujuannya, apa saja keuntungannya, jenis-jenis, hingga strategi melakukannya di sini!

Apa Itu Investasi Jangka Pendek?

apa itu investasi jangka pendek

Pada dasarnya, investasi jangka pendek adalah salah satu jenis investasi yang mengarahkan pengguna untuk menyimpan dana dalam instrumen tertentu dalam periode yang pendek atau singkat.

Periode yang singkat itu terlihat dari durasi pencairan yang hanya membutuhkan waktu sekitar satu bulan, tiga bulan, hingga maksimal setahun saja. Biasanya keuntungan atau laba yang Anda dapatkan sumbernya adalah perubahan suku bunga dengan risiko rendah.

Jadi, sebaiknya Anda mengatur ekspektasi, karena imbal hasilnya juga biasanya lebih kecil daripada instrumen jangka panjang.

Tujuan Investasi Jangka Pendek

tujuan investasi jangka pendek

Ada beberapa tujuan yang bisa Anda capai ketika melakukan investasi ini, yaitu:

1. Menjaga Cash Flow

Agar cash flow tetap terjaga dan terhindar dari pengeluaran tidak produktif, Anda bisa menyimpannya dalam bentuk investasi. Karena jangka pendek, uangnya juga bisa segera dilakukan ketika dibutuhkan cepat

2. Sebagai Passive Income

Daripada uang dibiarkan menganggur di rekening bank dan tergerus bunga, maka alihkanlah sebagai passive income. Anda bisa mendapatkan penghasilan meskipun tidak bekerja secara aktif untuk meningkatkan nilainya.

3. Bisa Cair Kapan Saja

Investasi ini tidak terlalu terikat mengenai tenggatnya, sehingga dalam waktu sebulan, tiga bulan, hingga setahun uangnya bisa langsung saja dicairkan.

4. Menambah Modal Usaha

Pengusaha yang ingin modal bisnisnya bertambah bisa mengalokasikannya ke dalam instrumen investasi. Dalam waktu singkat, maka modal tersebut dapat bertambah.

5. Menambah Pengalaman

Investor pemula yang ingin beradaptasi dengan iklim investasi jangka panjang, bisa menjajal investasi jangka pendek lebih dahulu. Jika cocok dan sudah paham, maka bisa mencoba beralih ke jangka panjang

Keuntungan Investasi Jangka Pendek

keuntungan  investasi jangka pendek

Setelah menetapkan tujuan, maka beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika mulai berinvestasi di sini adalah:

  • Mendapatkan keuntungan atau return dengan cepat
  • Cadangan dana darurat yang bisa diambil dengan cepat
  • Tempat menabung tanpa harus dipungut biaya admin  seperti di bank
  • Mempermudah memenuhi kebutuhan jangka pendek
  • Modal awal tidak terlalu besar
  • Risikonya lebih kecil daripada jangka panjang
  • Sarana belajar bagi pemula

Jenis-Jenis Investasi Jangka Pendek

jenis investasi jangka pendek

Anda tidak akan kehabisan rekomendasi untuk investasi ini karena jumlahnya cukup banyak, antara lain:

1. Saham

Surat berharga yang menjadi bukti kepemilikan aset ini juga dikenal sebagai investasi jangka panjang. Namun, ternyata Anda juga dapat menggunakannya untuk berinvestasi jangka pendek.

Untuk mendapatkan keuntungan tersebut, perlu strategi dan kemampuan analisis yang baik. Jadi, pastikan untuk paham konsepnya lebih dahulu sebelum terjun ke saham.

2. Reksa Dana

Jika belum mampu atau masih perlu belajar untuk ikut ke saham, maka pertimbangkanlah untuk memakai skema reksa dana. Sebab, Anda tidak perlu memikirkan cara mengelola maupun strateginya, karena sudah ada manajer investasi yang siap menangani hal ini untuk Anda.

Dengan risiko rendah, Anda bisa mendapatkan return dalam kisaran waktu setahun saja!

3. Deposito

Apabila ingin ketat dalam berinvestasi, maka cobalah memakai instrumen deposito. Sederhananya deposito merupakan tabungan yang Anda setor kepada bank dan pencairannya dalam waktu tertentu, misalnya sebulan, tiga bulan, enam bulan, setahun, hingga dua tahun.

Dengan suku bunga yang lumayan tinggi, keuntungan yang bisa Anda dapatkan juga relatif besar, meskipun periode penyimpanan tidak terlalu lama.

4. Obligasi

Investasi yang juga disebut sebagai SUN (Surat Utang Negara) ini adalah bentuk upaya pemerintah mengumpulkan dana pembangunan dari masyarakat. Keuntungan bagi masyarakat berupa laba yang didapatkan atas pengelolaan modal dalam pembangunan tersebut. Bentuk labanya berupa bunga.

5. P2P (Peer to Peer) Lending

Bukan hanya sebagai sarana mendapatkan keuntungan jangka singkat, P2P ini juga bisa menjadi kontribusi Anda untuk membantu UMKM yang ingin berkembang. Periode investasinya bisa beragam, mulai dari enam bulan, setahun, dan dua tahun saja.

Dengan modal yang relatif kecil, Anda bisa menerima keuntungan melalui suku bunga dengan persentase tertentu. Karena risikonya tergolong tinggi, maka pilihlah platform yang tepercaya dan terdaftar OJK.

Salah satu platform yang dapat Anda pilih adalah Qazwa, P2P lending berbasiskan syariah. Sumber keuntungannya adalah dari bagi hasil, bukan dari bunga. Oleh karena itu, Qazwa sangat tepat bagi Anda yang ingin bebas dari riba.

Strategi Investasi Jangka Pendek

strategi investasi jangka pendek

Agar investasi Anda ini memberikan untung sesuai harapan, maka terapkanlah beberapa strategi di bawah ini:

1. Tentukan Instrumen

Pilihlah instrumen yang prinsip, tujuan, serta jangka waktunya paling cocok dengan Anda. Lalu pelajari dengan baik, agar saat terjun ke dalamnya, Anda tidak bingung lagi.

2. Jangan Panik

Ketika keadaan pasar sedang turun, jangan langsung menjual atau membeli, namun analisislah lebih dahulu. Sebab, keadaan ke depannya masih bisa diprediksi sehingga Anda tidak akan salah langkah.

3. Diversifikasi

Jangan hanya berfokus pada satu instrumen saja, karena jika pasar sedang lesu, Anda akan rugi besar Jadi, investasikan juga dana ke instrumen lain agar bisa menjadi backup ketika salah satunya kurang sesuai dengan harapan Anda.

4. Lakukan Pembelian saat Harga Turun

Saat harga instrumen turun, cobalah lakukan pembelian. Dengan begitu, ketika harganya naik, keuntungan Anda bisa lebih banyak.

5. Jaga Ekspektasi

Karena bersifat jangka pendek, maka otomatis hasilnya juga tidak akan terlalu besar. Hal ini akan mengurangi kecewa karena terlalu berharap tinggi di awal

Dengan semua penjelasan mengenai investasi jangka pendek tersebut, maka pastikanlah untuk memilih instrumen yang tepat. Jika tertarik dengan P2P lending, pastikan Anda menggunakan Qazwa. Unduh aplikasinya di Google Play Store atau App Store untuk informasi lebih lengkap!

BACA JUGA : Makin Cuan Dengan Usaha Modal Kecil!

 

Referensi:

Glints. Investasi Jangka Pendek: Pengertian, Jenis, serta Strategi dalam Penerapannya. https://glints.com/id/lowongan/investasi-jangka-pendek/

Linebank. Mengenal Apa Itu Investasi Jangka Pendek. https://linebank.co.id/blog/finansial/investasi-jangka-pendek/

Gramedia. Strategi Keberhasilan Investasi Jangka Pendek. https://www.gramedia.com/literasi/strategi-keberhasilan-investasi-jangka-pendek/

Cermati. Investasi Jangka Pendek – Pengertian, Jenis, dan Keuntungannya. https://www.cermati.com/artikel/investasi-jangka-pendek

OCBC. 5 Jenis Investasi Jangka Pendek untuk Pemula, Cepat Untung!. https://www.ocbc.id/id/article/2021/04/14/investasi-jangka-pendek

Kumparan. Investasi Jangka Pendek: Pengertian, Tujuan, Jenis. https://kumparan.com/berita-bisnis/investasi-jangka-pendek-pengertian-tujuan-jenis-1w8YsYT4cNF

Universal BPR. Investasi Jangka Pendek : Kelemahan, Keunggulan, Jenis dan Tips Memulai. https://universalbpr.co.id/blog/investasi-jangka-pendek/