Semua orang pasti memiliki Batasan, termasuk Batasan produktif yang dimiliki  tiap orang sesuai dengan kemampuan masing-masing. Tidak salamanya tubuh mampu untuk bekerja dan terus memenuhi kebutuhan hidup.

Dengan terbatasnya kemampuan tubuh untuk bekerja, tentu ini akan berefek kepada kondisi keuangan dimana disaat pengeluaran terus meningkat atau stabil, kemampuan untuk memperoleh pendapatan umumnya akan berkurang terutama disaat masuknya masa pension.

Lalu apa yang dapat dilakukan untuk mencegah hal tersebut terjadi? Pastinya diperkukan perencenaan yang baik dalam menyiapkan masa pension dan berikut beberapa tips untuk menyiapkan tabungan hari tua yang kita butuhkan untuk menghadapi masa pensiun.

tabungan hari tua

1. Mulai Merencakan Tabungan Hari Tua

Tabungan yang biasanya kita miliki bukan berarti dapat menanggung masa pensiun nanti, karena tabungan yang dimiliki tidak bisa digunakan selalu untuk kebutuhan konsumtif. Maka dari itu dibutuhkan Tabungan Dana Pensiun yang dibuat secara terpisah dengan tabungan untuk keperluan konsumsi

Anda bisa mulai mencari penyedia Tabungan Dana Pensiun yang kiranya sesuai dengan anda dan yang dapat anda percayai untuk menerncanakan tabungan hari tua. Segera mulai untuk merencanakan agar tidak terlambat dikemudian hari.

2. Mulai Berinvestasi

Investasi juga merupakan salah satu instrument yang dapat digunakan untuk menunjang masa pensiun nanti sebagai tabungan hari tua.

Perlu kecermatan untuk melakukan investasi yang paling tepat dan sesuai dengan anda, jangan sampai justru kebutuhan investasi membuat masalah baru seperti hutang karena melakukan investasi yang gegabah.

Terdapat beberapa pilihan investasi yang bisa anda pilih seperti investasi pada property, obligasi, deposito, dan juga Peer to Peer lending

Nah, agar masa tua lebih aman dan nyaman, maka penting untuk mulai memikirkan strategy keuangan yang tepat yang perlu dimulai dari sekarang, agar tidak menemukan berbagai masalah keuangan nanti di hari tua.

Peer to peer lending merupakan salah satu instrument yang dapat dipilih untuk anda merencanakan tabungan hari tua. Qazwa merupakan salah satu P2P lending berbasis syariah yang menawarkan kenyamanan dan keamanan pada semua pendana. Dengan adanya management bisnis dan risk yang tepat sehingga dapat menawarkan imbal hasil tingga dan kemanaan yang lebih kepada seluruh pendana Qazwa. Download aplikasi Qazwa untuk mengetahui lebih lanjut !

 

Referensi :

OJK. Ingin Masa Tua Happy ? Yuk Rencanakan Dari Sekarang! https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/367