Familier dengan istilah “peluang usaha” yang mungkin Anda baca atau tonton di berbagai media? Zaman sekarang peluang usaha adalah kerap dicari jika seseorang ingin meningkatkan penghasilan atau malah mencari penghasilan. Jika Anda juga demikian, sebaiknya baca artikel ini sampai akhir.

Di sini akan diulas lengkap mengenai:

  • Pengertian peluang usaha
  • Tujuan peluang usaha
  • Manfaat peluang usaha
  • Ciri-ciri peluang usaha
  • Sumber peluang usaha
  • Contoh peluang usaha

Mari mulai pembahasannya!

Pengertian Peluang Usaha

Pengertian peluang usaha

Ada banyak sekali pengertian peluang usaha menurut para ahli, namun sebenarnya mempunyai satu definisi, yaitu kesempatan untuk meraih keuntungan dari suatu kondisi di pasar dengan sebuah usaha/bisnis.

Contohnya, orang yang merintis bisnis jual kue kering di momen hari raya, penyedia jasa daycare untuk para orangtua yang bekerja, sampai penyedia jasa persewaan kasur pada musim liburan.

Para pebisnis sukses biasanya punya bakat atau jeli dalam mengidentifikasi peluang sebelum keduluan orang lain. Selanjutnya, mereka akan mengembangkan suatu usaha untuk mengambil keuntungan dari peluang tersebut.

Tujuan Peluang Usaha

Tujuan peluang usaha

Saat mendengar kata peluang usaha, atau wirausaha, atau pengusaha, yang biasanya langsung terlintas di benak kita adalah sukses, uang (kekayaan), atau popularitas.

Secara umum, itulah yang menjadi tujuan peluang usaha, yaitu meraih kesuksesan yang bagi setiap individu berbeda-beda maknanya. 

Seseorang bisa saja merasa sukses dengan mendapat profit yang besar dari bisnisnya, menjadi populer, mendapat kepuasan batin, atau mendapat validitas/pengakuan dari masyarakat.

Manfaat Peluang Usaha

Ada beberapa manfaat peluang usaha yang perlu Anda ketahui:

1. Muncul Peluang Merintis Bisnis

Muncul peluang merintis bisnis

Kesempatan bisnis menandakan ada tantangan atau masalah di pasar/masyarakat yang masih belum terpecahkan. Selanjutnya, Anda tinggal merancang produk yang dapat menjadi solusi atas permasalahan tersebut. 

Jika terbukti produk/jasa yang Anda sediakan memang dapat memecahkan masalah dimaksud, ini dapat menjadi momen yang menguntungkan untuk meraih profit.

2. Mengasah Potensi Diri

Mengasah potensi diri

Mengambil suatu peluang bisnis ternyata dapat mengasah potensi diri kita dalam berbagai aspek, yakni:

  • Pengembangan Keterampilan

Menghadapi peluang usaha membutuhkan peningkatan keterampilan yang relevan dengan bisnis tersebut.

  • Peningkatan Kreativitas

Menciptakan dan mengelola bisnis membutuhkan kreativitas untuk menemukan solusi yang inovatif terhadap masalah yang dihadapi. 

  • Peningkatan Kemandirian

Memimpin bisnis mengharuskan kita untuk mengambil keputusan, menerapkan manajemen waktu yang baik, dan bertanggung jawab. Sehingga, membantu meningkatkan kemandirian dan kemampuan kepemimpinan.

  • Pengembangan Jaringan

Peluang bisnis membawa kita ke dalam lingkungan yang beragam dan memungkinkan kita untuk berinteraksi dengan berbagai pihak, mulai dari pelanggan hingga mitra bisnis. Sehingga, memperluas jaringan sosial dan profesional kita, yang merupakan aset berharga dalam dunia bisnis.

3. Menciptakan Kesempatan Kerja

Menciptakan kesempatan kerja

Suatu peluang usaha dapat berperan dalam menciptakan kesempatan kerja melalui beberapa cara:

  • Perekrutan Karyawan

Saat bisnis baru didirikan atau berkembang, pemilik bisnis akan membutuhkan tim yang solid untuk membantu menjalankan operasional usaha dimaksud. Sehingga, menciptakan peluang kerja bagi orang-orang yang memiliki keterampilan dan minat yang relevan dengan kebutuhan bisnis tersebut.

  • Jaringan Mitra Bisnis

Bisnis yang tumbuh dapat memperluas jaringan mitra bisnisnya, seperti pemasok, distributor, atau agen penjualan. Sehingga, tidak hanya memberikan peluang kerja bagi orang-orang yang terlibat dalam rantai pasokan, tetapi juga membantu memperluas dampak positif bisnis tersebut terhadap masyarakat.

Ciri-Ciri peluang usaha

Ciri-ciri peluang usaha

Sebuah kesempatan bisa disebut peluang usaha jika membawa karakteristik seperti ini:

1. Solutif

Solutif

Peluang bisnis yang baik dapat menjadi solusi bagi permasalahan yang menimpa masyarakat atau dapat memberikan nilai tambah bagi konsumen atau lebih luas lagi bagi market dan industri.

2. Menguntungkan

Menguntungkan

Suatu peluang usaha seharusnya juga mampu memberikan imbal hasil untuk investasi/modal. Selanjutnya, peluang bisnis juga mampu mencapai tujuan-tujuan bisnis dengan memanfaatkan sumber daya, strategi, dan aset yang tersedia secara lebih efisien.

3. Dapat Diperbesar

Dapat diperbesar

Sebuah peluang usaha yang baik seharusnya dapat diperbesar atau diperluas skalanya, bahkan jika memungkinkan dapat berkembang ke berbagai pasar dan industri.

4. Bukan Bisnis Musiman

Bukan bisnis musiman

Bukan bisnis musiman artinya ide atau konsep bisnis dapat bertahan dalam jangka panjang dan tidak terbatas pada periode waktu tertentu atau musiman. 

Hal ini menandakan bahwa ide bisnis tersebut memiliki potensi untuk terus berkembang dan menghasilkan pendapatan secara konsisten sepanjang tahun, tanpa terpengaruh oleh fluktuasi musiman atau tren sesaat.

Contoh peluang usaha musiman misalnya produksi bendera dan umbul-umbul yang hanya setahun sekali atau kuliner kekinian yang redup seiring bergantinya tren.

Sumber Peluang Usaha

Sumber peluang usaha

Lalu, bagaimana kita bisa mendapatkan peluang usaha? Untuk mencapai peluang usaha diperlukan beberapa hal, seperti contohnya berikut ini:

1. Latar Belakang Pendidikan

Latar belakang pendidikan

Background pendidikan bisa menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan, misalnya:

  • Jurusan Arsitek: Jasa desain arsitektur, konsultasi desain, dan jasa manajemen proyek.
  • Jurusan Desain Komunikasi Visual: Jasa desain grafis, pembuatan desain website dan multimedia, pembuatan desain logo, branding, dan materi promosi lainnya.
  • Jurusan Bahasa Asing: Jasa penerjemahan dan interpretasi, kursus bahasa, dan pemandu wisata.
  • Jurusan Hukum: Mendirikan firma hukum dan konsultasi hukum.
  • Jurusan Keperawatan: Menyediakan layanan keperawatan mandiri seperti perawatan kesehatan di rumah, perawatan lansia, dan seterusnya.

2. Hobby

Hobby

Selain latar belakang pendidikan, hobby juga bisa menjadi peluang usaha yang menguntungkan. Menariknya, Anda akan senang hati mengerjakannya karena berkaitan dengan aktivitas favorit. 

Untuk Anda yang hobby memasak misalnya, ide bisnis yang dapat digarap adalah merintis toko kue, katering, warung makan, atau membuat kelas memasak online.

3. Pengalaman Pribadi

Pengalaman pribadi

Misalnya, Anda muslim yang kesulitan mencari pusat kebugaran yang khusus wanita. Alih-alih mengeluh, mengapa tak mencoba merintis bisnis gym khusus wanita plus kelas-kelas olahraga yang banyak diminati wanita seperti zumba, yoga, aerobic, dan lain-lain.

Bisnis ini bisa Anda lakukan dengan menjalin kemitraan dengan instruktur-instruktur olahraga profesional yang juga wanita.

4. Permintaan Pasar

Permintaan pasar

Kalau sedang tidak punya ide apa pun, tapi ingin segera memulai bisnis, coba perhatikan tren yang sedang banyak peminatnya saat ini. Caranya cukup mudah, Anda bisa cek keywords yang tengah viral di internet maupun media sosial. 

Contohnya misalnya skincare, F&B, dan fashion yang sedang jadi pencarian populer beberapa waktu belakangan ini.

5. Memodifikasi Produk yang Sudah Tersedia

Memodifikasi produk yang sudah tersedia

Produk yang sudah ada di pasaran juga bisa jadi peluang usaha. Namun, jangan menawarkan produk yang sama, melainkan produk baru dengan value yang lebih. Contohnya misalnya dengan meminimalkan atau menghilangkan sama sekali kelemahan-kelemahan produk yang sudah hadir lebih dulu.

Contoh Peluang Usaha

Contoh peluang usaha

Untuk yang sedang mencari ide usaha yang relevan saat ini, beberapa daftar berikut mungkin bisa menginspirasi Anda.

  • E-commerce 
    • Pelatihan dan kursus online
    • Pemasaran digital, misalnya affiliate marketing
  • Dropshipping
  • Konten kreator
  • Jasa desain grafis
  • Fotografi dan videografi online
  • Jasa penulisan konten dan copywriter
  • Agensi influencer
  • Pengelolaan media sosial

Sekarang Anda tentu sudah memahami jika kepekaan kita dalam menangkap suatu peluang usaha adalah langkah pertama menapaki tangga kesuksesan. Jadi, coba kenali diri dahulu, apakah skill yang Anda kuasai, hobby, atau mungkin pengalaman Anda bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan.

Kalau perlu modal, Anda bisa mengandalkan platform P2P lending syariah yang bebas riba yakni Qazwa. Kelebihan utama platform ini tentu saja karena menerapkan syariat Islam sehingga lebih menenangkan.

Bersama Qazwa, borrower akan mendapatkan kesempatan membangun usaha, sementara lender berpeluang mendapatkan imbal hasil dengan sistem bagi hasil.

 

Referensi :

Ref:

Ukmindonesia. Peluang Usaha Pengertian, Tujuan, Manfaat, dan Contoh. https://ukmindonesia.id/baca-deskripsi-posts/peluang-usaha-pengertian-tujuan-manfaat-dan-contoh

Ruangmenyala.com.PELUANG USAHA: PENGERTIAN, CIRI, DAN CONTOHNYA DI TAHUN 2024. https://www.ruangmenyala.com/article/read/peluang-usaha-adalah

Feedough.com. What Is Business Opportunity? – Importance, Types, & Identification. https://www.feedough.com/business-opportunity-definition-types-identify/

AlphaJWC: What is Business Opportunity: Definition and How to Find It. https://www.alphajwc.com/en/what-is-business-opportunity/#:~:text=Definition%20of%20Business%20Opportunity&text=This%20business%20goal%20is%20accomplished,greater%20profits%20can%20be%20generated.

Kompas. Sumber Peluang Usaha dari Faktor Eksternal. https://www.kompas.com/skola/read/2023/11/21/131500469/5-sumber-peluang-usaha-dari-faktor-eskternal?page=all

Fazz.com. 10 Sumber Peluang Usaha yang Mendatangkan Keuntungan. https://fazz.com/id/newsroom/business/sumber-sumber-peluang-usaha/