Financial independence atau kemandirian finansial menjadi suatu hal yang sering kali menjadi topik hangat dibicarakan akhir-akhir ini. Namun, #KawanQazwa tau ga sih apa itu Financial independence? Yuk, sama-sama kita ketahui lebih dalam tentang Financial Independence.

Financial independence atau kemandirian finansial sendiri merupakan suatu kondisi di mana seseorang dapat memenuhi kebutuhan hidupnya dengan pendapatannya sendiri (Carpenter & Moore, 2008). Dengan kata lain, seseorang yang memiliki kemandirian finansial adalah orang yang dapat memperoleh penghasilan atau memiliki harta yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhannya, sehingga urusan keuangannya tidak bergantung kepada orang lain (Xiao, Chaterjee & Kim, 2014).

Financial Independence juga memiliki beberapa tingkatan, yaitu: Pertama, individu dapat dengan mandiri membiayai seluruh kebutuhan sehari-harinya seperti konsumsi, transportasi, dan kebutuhan harian lainnya. Sedangkan pada tingkat kedua, seseorang dikatakan mandiri secara finansial jika orang tersebut mampu membayar biaya akomodasi seperti sewa dan cicilan lainnya. Pada tingkat ketiga, tingkat ini diartikan sebagai seseorang dapat membayar pengeluaran aktifnya seperti kartu kredit, iuran kredit mobil, dan cicilan utang lainnya. Pada tingkatan terakhir, seseorang dikatakan merdeka finansial jika seseorang tersebut mampu mengelola keuangannya dan dapat menghasilkan labanya sendiri. Jadi, berdasarkan penjelasan diatas financial independence berkaitan dengan kemampuan seseorang untuk memperoleh pendapatan yang cukup untuk kebutuhan hidupnya dan mampu mengelolanya.

Lalu, bagaimana cara untuk menciptakan financial independence itu sendiri?

Untuk mencapai financial independence diperlukan adanya perencanaan yang matang dan kedisiplinan. Berikut beberapa langkah yang dapat membantu #KawanQazwa dalam menciptakan financial independence:

  • Tentukan Tujuan Keuanganmu

Menentukan tujuan keuangan membantu kita untuk dapat lebih fokus terhadap apa yang ingin dicapai. Menentukan tujuan keuangan juga membantu kita mendefinisikan apa itu financial independence bagi diri kita.

  • Buat Rencana Keuangan

Membuat rencana keuangan terkait pengelolaan keuangan, investasi, anggaran, dan alokasi dana dapat membantu kita dalam mencapai tujuan keuangan yang diharapkan.

  • Diversifikasi Sumber Pendapatan

Hal ini dapat membantu kita untuk mendapatkan penghasilan tambahan melalui pekerjaan sampingan atau investasi yang kita lakukan diluar pekerjaan utama.

  • Berinvestasi dan merencanakan masa depan

Investasi menjadi salah satu cara kita untuk mendapatkan passive income dan penghasilan tambahan untuk memenuhi kebutuhan keseharian ataupun untuk rencana di masa depan.

Jadi gimana #KawanQazwa, sudah kah memulai merencanakan Financial Independence versi-mu? Yuk, dengan #MulaiDariQazwa selangkah lebih dekat untuk memulai perencanaan keuangan mu.

 

Referensi

Foto oleh Alexander Mils

Evelyn, Ricky, and Sherly Rosalina Tanoto. VOL. 4, NO. 2, DECEMBER 2021. Factors Influencing The Financial Independence of Young Adults, and Evidence From Indonesia. Faculty of Business and Economics, Petra Christian University.

Xiao, J. J., Chatterjee, S., & Kim, J. (2014). Factors Associated with Financial Independence of Young Adults. International Journal of Consumer Studies.

An Post Money. 2023. Five steps to reaching financial independence: https://www.anpost.com/Money/Managing-Finances/Blog/Reach-Financial-Independence