Financial freedom merupakan salah satu hal yang didambakan banyak orang, baik itu kaum milenial maupun Gen Z. Ketika merdeka finansial, Anda tidak perlu khawatir lagi mengenai kehidupan keuangan di masa sekarang maupun masa depan. Sebab, semuanya sudah dipersiapkan sedini mungkin.

Mendambakan financial freedom di usia muda sebenarnya bukan cuma impian, Anda bisa melakukannya! Temukan berbagai jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tentang financial freedom, hingga tips mencapainya di sini!

Pentingnya Financial Freedom

tips meraih Financial freedom

Secara sederhana, financial freedom atau merdeka finansial merupakan sebuah kondisi di mana seseorang sudah memiliki aset yang cukup untuk memenuhi kebutuhan dan gaya hidupnya, baik itu kebutuhan sendiri ataupun keluarga. Aset tersebut dapat mencakup uang tunai, investasi, ataupun tabungan.

Kebebasan finansial ini sangat penting karena bisa memberikan beberapa manfaat, yaitu:

1. Terhindar dari Kecemasan tentang Kondisi Finansial

Anda bisa menjalani kehidupan yang nyaman karena tidak memiliki kekhawatiran mengenai keadaan keuangan saat ini ataupun masa depan. Sebab semua kebutuhan maupun keinginan bisa tercapai.

Dengan begitu, ketika hendak mengambil keputusan krusial dalam hidup, uang bukan lagi menjadi acuan utama.

2. Stabilitas dalam Finansial

Keuangan Anda otomatis menjadi stabil, karena jumlah pemasukan aktif ataupun pasif sudah mencukupi, atau bahkan berlebih.

3. Mandiri

Anda bisa memenuhi segala kebutuhan dengan mandiri, tanpa perlu mengharapkan bantuan orang lain.  Hal ini akhirnya bisa menghindari dari lilitan hutang dengan orang lain ataupun bank.

4. Lebih Menikmati Hidup

Anda tidak terlalu pusing lagi mengenai cara mencari pendapatan tambahan ataupun membayar berbagai cicilan. Dengan begitu, Anda dapat lebih menikmati hidup, santai, dan tidak seakan diburu-buru. Hal ini memang cukup sulit digapai jika keadaan finansial masih belum stabil.

Tips Meraih Financial Freedom sejak Muda

tips meraih Financial freedom

Melihat hasilnya yang luar biasa tersebut, maka untuk mencapainya juga butuh usaha ekstra. Ini sebabnya, masa muda adalah momen yang paling tepat untuk mulai mengejar target tersebut.

Memulainya di masa muda, berarti Anda juga bisa menikmati hasilnya lebih awal, tanpa harus menunggu masa pensiun. Nah, beberapa tips yang bisa diikuti para kaum milenial dengan gaya hidup serba canggih dan modern di antaranya adalah:

1. Evaluasi Keadaan Finansial saat Ini

Periksalah keadaan finansial Anda sekarang, dengan melihat indikator pendapatan. Cek apakah pendapatan tersebut sudah mampu memenuhi kebutuhan utama ataupun gaya hidup sebulan penuh. Jika masih  belum, berarti Anda harus mulai bergerak menjalankan tips berikutnya.

2. Tetapkan Tujuan Keuangan

Bukan sekadar hidup bahagia dan bebas hutang, namun tujuan yang ingin Anda capai harus jelas dan spesifik.  Karena jika tujuannya dibuat spesifik, maka probabilitas mencapainya juga pasti besar.

Beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan saat menetapkan tujuan ini adalah seperti apa gaya hidup yang Anda butuhkan, jumlah aset dan tabungan untuk mencapai itu, serta batas usia untuk mencapai nominal tersebut.

3. Membuat Anggaran Bulanan

Membuat anggaran bulanan dan menjalankannya dengan maksimal dapat membantu Anda mengalokasikan uang pada hal yang penting terlebih dahulu. Selain itu, cara ini juga cukup efektif menahan godaan berbelanja yang tak terkendali.

4. Lunasi Hutang dengan Bunga Tinggi Terlebih Dahulu

Bunga pada tagihan kartu kredit atau hal lain yang berbunga tinggi dapat menghambat usaha Anda untuk mencapai financial freedom. Pastikan hal ini dibayar tepat waktu agar tagihan tidak membengkak. Setelah itu, barulah diikuti dengan tagihan atau pinjaman lain yang berbunga rendah.

4. Hidup Sesuai Kemampuan

Salah satu isu di kalangan muda adalah gaya hidup yang terlalu berlebihan karena FOMO (Fear of Missing Out) atau takut ketinggalan. Jika hal ini dilakukan dengan memaksa, padahal kondisi keuangan tidak memadai, maka bisa menghambat tercapainya merdeka secara finansial yang selama ini diidamkan.

Oleh karena itu, jalanilah kehidupan sesuai kemampuan. Sebab Anda masih bisa berbaur dengan banyak orang tanpa harus ikut gaya atau standar terbaru.

5. Tingkatkan Literasi Keuangan

Mulailah meningkatkan kemampuan literasi keuangan dengan membaca atau menonton sumber tepercaya. Ketika literasi keuangan Anda meningkat, maka secara otomatis perilaku keuangan pun juga bisa berubah ke arah lebih baik.

6. Berhemat

Cek kembali pengeluaran bulanan Anda selama ini. Jika ada anggaran kebutuhan yang dikurangi, maka cobalah untuk menguranginya. Pastikan untuk berhemat sewajarnya dan jangan sampai malah menyiksa diri sendiri. Selain itu gunakanlah dana darurat dengan bijak, yaitu memakai saat benar-benar genting saja.

7. Menambah Sumber Pendapatan

Agar proses mendapatkan kebebasan finansial bisa lebih lancar dan cepat, sebaiknya Anda mempertimbangkan memperluas sumber pendapatan.

Sumber pendapatan tambahan tersebut bisa berasal dari pekerjaan sampingan, menjalankan bisnis kecil-kecilan, ataupun dari hal lain yang bisa diuangkan. Dengan tambahan pendapatan ini, Anda bisa menyimpan lebih banyak uang atau tabungan.

8. Menjaga Kesehatan

Jangan sampai Anda mengabaikan kondisi kesehatan ketika mengejar target merdeka finansial ini. Tetaplah menerapkan gaya hidup sehat dan berolahraga.

Jika abai dengan kesehatan, maka uang yang Anda simpan terpaksa digunakan untuk berobat ataupun malah tidak bisa menikmati kondisi merdeka finansial tersebut dengan maksimal di masa depan.

9. Berinvestasi

Menabung di bank tergolong kurang efektif untuk mendukung usaha Anda, sebab ada potensi inflasi yang menanti. Biaya bulanan bank pun juga akan memotong saldo Anda.

Untuk mengakalinya, maka pertimbangkanlah melakukan investasi yang bisa dipanen dalam jangka panjang. Anda bisa berinvestasi di saham, reksa dana, peer-to-peer lending, dan sebagainya. Pelajarilah jenis investasi yang Anda pilih agar bisa bertindak secara bijak dan memanen hasil memuaskan.

Memang diperlukan usaha yang besar juga untuk mencapai financial freedom tersebut. Oleh karena itu, ikutilah semua tips di atas, termasuk berinvestasi. Jika ingin investasi yang menjanjikan namun bebas riba, maka cobalah menjadi bagian dari Qazwa, platform P2P lending syariah terbaik yang siap wujudkan impian Anda.

 

Referensi:

Investopedia. How to Reach Financial Freedom: 12 Habits to Get You There. https://www.investopedia.com/articles/personal-finance/112015/these-10-habits-will-help-you-reach-financial-freedom.asp

Ramsey Solution. 15 Ways to Achieve Financial Freedom. https://www.ramseysolutions.com/retirement/what-is-financial-freedom

Prudential Syariah. Apa Itu Financial Freedom dan Bagaimana Cara Mencapainya?. https://www.prudentialsyariah.co.id/id/pulse/article/apa-itu-financial-freedom/

Prudential. Strategi Financial Freedom: Langkah-langkah Menuju Kemandirian Keuangan di Masa Muda. https://www.prudential.co.id/id/pulse/article/financial-freedom/

CIMB Niaga. 9 Tips Memulai Financial Freedom dari Sekarang. https://www.cimbniaga.co.id/id/inspirasi/perencanaan/9-tips-memulai-financial-freedom-dari-sekarang

Glints. Financial Freedom: Definisi, Level, dan 9 Cara untuk Mencapainya. https://glints.com/id/lowongan/financial-freedom/#level-financial-freedom