Keamanan finansial merupakan salah satu hal yang harus digapai demi bisa sejahtera secara finansial. Sebab, Anda punya kontrol penuh atas aset dan tidak kesulitan untuk merencanakan masa depan yang aman dan nyaman.

Karena istilah ini masih cukup asing, maka Anda perlu memahami konsep, urgensi, serta tips mencapainya terlebih dahulu. 

Apa Itu Keamanan Finansial?

financial security adalah

Keamanan finansial atau financial security adalah sebuah kondisi di mana Anda sudah mempunyai sumber daya keuangan yang mencukupi untuk kebutuhan sehari-hari ataupun saat harus menghadapi situasi darurat.

Untuk memenuhi kedua hal tersebut, Anda tidak harus mengorbankan kualitas hidup, seperti harus super irit.

Beberapa aspek yang masuk ke dalam financial security adalah tabungan yang mencukupi dan investasi yang cukup menguntungkan. Kedua hal tersebut pun berperan sebagai jembatan untuk memenuhi gap antara impian dan realitas finansial yang dihadapi.

Patokan dari keamanan finansial ini bukan sekadar nominal aset atau tabungan saat ini, tapi mengenai kepercayaan dan rasa yakin bahwa Anda memiliki kemampuan untuk menangani berbagai permasalahan keuangan yang mungkin terjadi.

Kebutuhan tersebut mengacu pada kebutuhan dasar, seperti makanan, tempat tinggal, biaya hidup, serta pendidikan.

Beberapa dari Anda mungkin merasa bahwa keamanan finansial dan financial freedom atau kebebasan finansial adalah hal yang sama. Meskipun sekilas sama, tapi keduanya berbeda,

Sebab, pada financial freedom yang bisa Anda penuhi bukan hanya kebutuhan dasar, melainkan juga kebutuhan sekunder hingga tersier tanpa takut terganggu dengan keadaan finansial sekarang. Anda juga bisa mengambil keputusan apa pun tanpa harus mempertimbangkan keadaan keuangan.

Jadi, seseorang yang sudah memiliki kebebasan finansial berarti otomatis sudah mencapai keamanan finansial. Sementara orang yang berada pada level keamanan finansial, belum pasti berada di tahapan financial freedom.

Pentingnya Keamanan Finansial

mengenal Keamanan finansial

Financial security menjadi penting karena hal ini bisa membuat Anda merasa aman dan tidak takut mengenai permasalahan finansial. Anda juga bisa mengatasi berbagai kejadian tak terduga tanpa harus pontang-panting mencari dana untuk menutupinya.

Dengan begitu, akibat kendali yang Anda miliki, Anda bisa merasa lebih bebas dan memiliki kesempatan untuk merencanakan banyak hal dalam hidup.

Anda juga bisa tidur nyenyak di malam hari tanpa harus khawatir mengenai hari esok. Meskipun sederhana, hal tersebut ternyata sulit dirasakan oleh orang yang belum berada di tahap finansial yang aman.

Cara Mencapai Keamanan Finansial

mengenal Keamanan finansial

Tertarik untuk mencapai financial freedom? Beberapa tips mencapai keamanan finansial yang dapat Anda ikuti mulai dari sekarang adalah:

1. Miliki Tujuan Keuangan yang Jelas

Buatlah daftar hal yang ingin Anda capai pada periode pendek, menengah, hingga panjang. Dengan menetapkan tujuan, Anda bisa lebih fokus pada prioritas sekaligus mengelola keuangan dengan terstruktur.

2. Tingkatkan Literasi Keuangan

Untuk bisa mengambil keputusan finansial yang bijak, Anda membutuhkan informasi atau pengetahuan di bidang ini. Oleh karena itu, sempatkanlah untuk paham berbagai hal fundamental dalam finansial.

Beberapa di antaranya adalah mengenai pajak, investasi, manajemen risiko, serta hal krusial lainnya. Untuk sumber informasi, Anda bisa membaca buku, kursus, seminar, atau belajar dari video-video YouTube.

3. Buat Rencana Anggaran

Buatlah anggaran bulanan sesuai kebutuhan sehari-hari Anda. Di sini penting sekali untuk memprioritaskan kebutuhan dasar, cicilan, serta tabungan. Sementara untuk “keinginan”, Anda bisa menganggarkan dengan bijak.

4. Persiapkan Dana Darurat

Salah satu indikator bahwa finansial Anda aman adalah dari dana darurat. Dana inilah yang bisa membantu menghidupi Anda selama tiga sampai enam bulan ke depan, saat ada situasi mendesak atau tidak ada pemasukan. Karena bersifat darurat, jangan ambil dananya sembarangan.

5. Mengelola Utang

Utang memang sebaiknya dihindari, namun jika berbentuk produktif dan menghasilkan, maka bisa dipertimbangkan.

Pastikan untuk mengelola utang dengan benar. Caranya dengan mendahulukan utang yang memiliki bunga besar. Hal ini bisa membantu Anda bisa menghemat uang dalam jangka waktu panjang. Karena jika terus ditunda, bunganya pasti membengkak.

6. Siapkan Tabungan Pensiun

Meskipun tidak berada dalam masa-masa mendekati pensiun, Anda harus tetap menyiapkan tabungan ini. Dengan dana ini, nantinya Anda bisa menikmati kehidupan di usia tua dengan nyaman, sehingga tidak perlu bekerja berat lagi.

Dana pensiun juga cocok bagi Anda yang tidak ingin “membebani” anak atau keluarga di masa tua. Meskipun anak tidak merasa dibebani, namun melihat mereka mempunyai kebutuhan sendiri, sebagian orang mungkin merasa segan.

Jadi, selagi masih berada di usia produktif, mulailah membuat tabungan khusus pensiun.

7. Meningkatkan Kekuatan Penghasilan

Meningkatkan kekuatan penghasilan bisa berupa mencari pekerjaan dengan gaji lebih tinggi, pindah ke lingkungan yang lebih murah, melanjutkan pendidikan, atau menambah sumber keuangan.

Dari beberapa rekomendasi di atas, cara yang cukup ideal adalah menambah sumber pendapatan sampingan. Sebab, hal ini tidak terlalu mengganggu gaya hidup Anda dan keluarga.

8. Diversifikasi Portofolio Investasi

Cara yang cukup populer untuk bisa aman secara finansial adalah berinvestasi, karena cocok  dalam meraih tujuan jangka panjang. Maka, pertimbangkanlah untuk berinvestasi demi bisa menambah passive income.

Sebaiknya lakukan diversifikasi portofolio, yaitu dengan menginvestasikan uang ke banyak instrumen, misalnya obligasi, emas, properti, ataupun menjadi lender di peer-to-peer lending platform.

Menyebar investasi ke beberapa instrumen adalah usaha untuk mengurangi risiko ketika terjadi penurunan nilai pada instrumen tertentu. Dengan begitu, keadaan finansial Anda tetap aman.

Berdasarkan pemaparan di atas, terlihat bahwa keamanan finansial adalah kunci hidup agar tenang dan nyaman. Anda bisa mencoba beberapa tips di atas, agar bisa mencapai keamanan finansial tersebut.

Jika tertarik berinvestasi dengan aman dan bebas riba agar bisa mencapai keamanan finansial, maka Anda bisa bergabung sebagai lender di Qazwa. Dengan Qazwa, Anda bisa menabur untung sekaligus membantu UMKM untuk berkembang. Daftarkan diri Anda sebagai lender sekarang juga!

 

Referensi:

Investopedia. 10 Tips for Achieving Financial Security. https://www.investopedia.com/articles/retirement/06/10secureretirementtips.asp

Baypointwealth. Financial Security Vs. Financial Freedom: What’s The Difference?. https://blog.baypointwealth.com/financial-security-vs-financial-freedom

Prudential. Keamanan Finansial: Langkah-langkah Menuju Kesejahteraan Keuangan. https://www.prudential.co.id/id/pulse/article/keamanan-finansial/

Liputan 6. Ketahui Arti Hingga Alasan Pentingnya Keamanan Finansial. https://www.liputan6.com/bisnis/read/5298897/ketahui-arti-hingga-alasan-pentingnya-keamanan-finansial

SmartAsset. What Is Financial Security, and How Do You Get It?https://smartasset.com/financial-advisor/financial-security