Saat ini semakin banyak masyarakat yang tergerak untuk memulai usaha menjadi entrepreneur mandiri, baik dari rumah maupun berani untuk menyewa sebuah tempat untuk usahanya. Sayangnya, tidak sedikit yang sudah berani untuk mengeluarkan modal besar diawal tanpa perhitungan bisnis yang mumpuni sehingga menciptakan kerugian yang akhirnya pun usahanya menjadi bangkrut.

Padaha untuk memulai usaha tidak harus dimulai dari yang besar, namun juga dapat dimulai dari yang kecil terlebih dahulu, termasuk terkait modal usaha. Beberapa usaha dapat dijalankan dengan usaha modal kecil terlebih dahulu.

Berikut beberapa contoh usaha modal kecil yang dapat mejadi pilihan bagi para pengusaha pemula

usaha modal kecil

1. Cemilah atau Snack ringan

Menjual makanan atau cemilan mejadi salah satu opsi usaha modal kecil yang bisa dipilih. Anda bisa memilih makanan atau cemilan yang mau anda jual berdasarkan kemampuan anda membuat makanan atau cemilan apa yang bisa anda buat dengan rasa yang enak dan dapat memiliki keunggulan tersendiri dengan pesaing lain

Modal yang dibutuhkan untuk usaha ini relatif kecil, kare hanya membutuhkan variable biaya dari bahan makanan saja, semakin mudah makanan atau cemilan yang dijual, semakin kecil modal yang dibutuhkan

Potensi yang dimiliki bisnis ini bukan berarti menjadil kecil, namun justru memiliki potensi yang besar karna kebutuhan akan cemilan atau makanan yang pasti, dan dapat terus meningkat.

2. Jasa Cuci Motor

Ide bisnis berikut memang sangat unik, selain tidak banyak yang menjalankannya, bisnis ini juga dapat dikatan sebagai bisnis dengan modal usaha kecil. Jasa cuci motor dapat menjadi ide menarik bagi anda jika ingin memulai usaha berkaitan dengan otomotif namun dengan modal yang relatif sedikit.

Kebutuhan modal dalam bisnis ini relatif kecil karna hanya membutuhkan peralatan untuk mencuci motor seperti alat pencuci dan juga sabun cuci motor. Meskipun dalam beberapa jasa cuci motor sudah mengadopsi peralatan atau mekanisme yang modern, namun bisnis ini tetap dapat berjalan dengan baik meski dimulai dengan sederhana.

Pontensi bisnis ini juga sangat baik, terutama dalam keadaan tertentu seperti jika memasuki musim hujan sehingga kebutuhan mencuci kendaraan akan menjadi lebih tinggi.

3. Cloud Kitchen

Bisnis ini termasuk kedalam bisnis yang baru di era saat ini, dan telah menjadi salah satu bisnis yang cukup signifikan perkembangannya. Cloud kitchen menjadi salah satu usaha modal kecil yang berkaitan dengan bisnis kuliner.

Sebagaimana bisnis kuliner pada umumnya, berbagai pilihan makanan atau cemilan dapat dipilih untuk menjadi produk yang anda jual, hanya bedanya dengan bisnis kuliner lainnya, produk tidak dijual kepada customer secara langsung di dalam toko, namun dijual secara online dimana pelanggan dapat memesan produk yang dijual melalui aplikasi maupun website.

Kebutuhan tempat atau kitchen untuk membuat produk yang dijual dapat diperkecil dengan tempat yang dapat di share dengan lebih dari 1 entitas bisnis atau brand, sehingga dapat mengurangi biaya sewa tempat. Selain itu kebutuhan akan pegawai juga menjadi sangat kecil karena tidak bertemu langsung dengan pelanggan.

Di era digital saat ini, dengan adanya banyak aplikasi on demand, sehingga menyebabkan bisnis cloud kitchen ini pun menjadi digemari banyak pelaku usaha, modal yang kecil dan potensi yang besar menjadi alasannya

Berikut adalah beberapa inspirasi usaha modal kecil yang dapat anda pilih untuk memulai usaha. Terpenting adalah mengetahui dengan jelas bisnis yang anda jalankan beserta kekuatan produk atau jasa yang ditawarkan kepada pelanggan agar dapat terus berjalan dengan pertumbuhan yang baik.

Baca Juga : 4 Bisnis Rumahan yang Bisa Kamu Coba !

 

Referensi :

cimbniaga. Ide Bisnis Rumahan dengan Modal kecil Tapi beromzet Besar https://www.cimbniaga.co.id/id/inspirasi/bisnis/ide-bisnis-rumahan-dengan-modal-kecil-tapi-beromzet-besar

detikfinance. 20 Ide Usaha Modal Kecil yang Bisa Datangkan Banyak Cuan. https://finance.detik.com/solusiukm/d-6706372/20-ide-usaha-modal-kecil-yang-bisa-datangkan-banyak-cuan