Punya uang dingin yang menganggur dan tak akan Anda gunakan dalam waktu dekat? Bagaimana kalau diinvestasikan saja agar semakin berkembang, dan Anda pun berkesempatan mendapatkan passive income. Salah satunya bisa dengan platform peer to peer lending. Simak cara investasi P2P lending berikut ini.

Pada artikel ini Anda akan mempelajari langkah demi langkah berinvestasi dalam P2P lending, mulai dari merancang tujuan investasi sampai rekomendasi P2P lending terbaik.

Cara Investasi P2P Lending

Sebelumnya, pahami dulu apa itu investasi P2P lending atau peer to peer lending: P2P lending adalah suatu platform yang mempertemukan antara investor dan mereka yang memerlukan dana.

Nantinya, investor dapat memilih ingin menanamkan uangnya pada pencari dana yang mana dengan imbalan berupa bunga. 

Berbeda dengan lembaga pembiayaan bank, P2P menghadirkan sistem pinjaman yang lebih mudah, tanpa persyaratan yang ribet dan tanpa jaminan. 

Silahkan simak langkah-langkah memulai investasi P2P bagi pemula di bawah ini!

1. Menetapkan Tujuan Investasi

Menetapkan tujuan investasi

Kalau Anda adalah investor bertipe risk taker, investasi yang satu ini bisa jadi opsi. Sebaliknya, untuk investor konservatif yang lebih cocok menerima risiko rendah, investasi P2P bukan untuk Anda.

Untuk mengurangi risiko, sebaiknya jangan taruh semua uang Anda pada investasi beresiko ini. Sebagian uang dingin Anda bisa disebar ke deposito bank, reksadana, surat utang, dan sejenisnya.

Ini karena modal yang sudah Anda serahkan pada platform P2P lending tak semudah itu dicairkan.

Satu lagi trik untuk meminimalkan resiko adalah, sebar investasi Anda kepada banyak peminjam. Dengan begitu, jika satu borrower tak dapat membayar, Anda masih punya “cadangan” keuntungan dari peminjam lain.

2. Menyiapkan Dana

Menyiapkan dana

Sama seperti investasi dalam bidang lain, dana yang dapat putar adalah uang menganggur yang tak akan diperlukan dalam waktu dekat. Jadi, bukan dana darurat, simpanan pendidikan, apalagi dana kesehatan. Dana seperti inilah yang cocok untuk diinvestasikan.

Pasalnya, jika suatu waktu terjadi kondisi yang tak dikehendaki, Anda tidak perlu mengurangi/menghilangkan pos untuk pendidikan maupun kesehatan.

3. Menganalisa Risiko dan Return

Menganalisa Risiko dan Return

Jangan berinvestasi karena ikut-ikutan, terutama karena tergiur dengan potensi keuntungan yang akan Anda dapatkan. Pertama, analisa dahulu apa resiko terbesar yang bisa terjadi dan peluang keuntungan Anda, lalu apakah sepadan antara risiko dengan imbal hasil Anda.

Sektor-sektor yang juga perlu Anda cermati adalah tenor pinjaman, konsekuensi keterlambatan pembayaran dan gagal bayar, serta kebijakan pengembalian.

Pahami luar dalam akan risk and return dapat memberi insight yang positif dalam pengambilan keputusan investasi.

4. Memilih Platform P2P yang Tepercaya

Memilih Platform P2P yang Tepercaya

P2P lending memang merupakan investasi dengan peluang profit yang cukup menggiurkan. Namun, pastikan untuk menjalin kerja sama dengan perusahaan yang sudah mengantongi izin OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Dengan begitu, keamanan dana Anda lebih terjamin, karena seluruh operasi bisnis perusahaan berada di bawah pengawasan OJK.

Rekomendasi P2P lending yang terdaftar di OJK terbaik yang bisa jadi pilihan Anda adalah Qazwa, platform P2P syariah. Tidak hanya bebas riba, keunggulan Qazwa, di antaranya:

  • Berpotensi mendapat profit besar
  • Risiko dikelola dengan optimal
  • Mitra borrower yang amanah
  • Dana investasi dapat dicairkan sewaktu-waktu (S&K berlaku)
  • Menerapkan prinsip syariah yang halal dan berkah
  • Legal, berizin, dan aman
  • Memberi keuntungan investasi setiap bulan

Untuk menjadi bagian dari mitra P2P lending syariah ini, demikian langkah-langkahnya:

Cara Investasi P2P Lending di Qazwa

Cara Investasi P2P Lending di Qazwa

Berikut panduan teknis menjadi investor pada platform P2P Lending Qazwa:

Download Aplikasi

Buka Google Play Store dan unduh aplikasi P2P lending syariah Qazwa.

Mendaftar

Lakukan Pendaftaran dengan mengisi form online sesuai petunjuk

Melakukan Top Up Dana 

Sebelum mulai mendanai Anda perlu melakukan top up dana terlebih dahulu. Caranya:

  • Buka menu Beranda
  • Klik tombol Top Up
  • Masukkan jumlah dana yang ingin di top up pada kolom 
  • Perlu diketahui jika minimum top up sebagai investor adalah Rp1.000.000 dan kelipatannya.
  • Pilih metode pembayaran, misalnya virtual account.
  • Klik pada tombol “Selesaikan Order Anda” untuk memunculkan nomor rekening virtual account.
  • Setelah itu Anda tinggal transfer seperti biasa.

Melakukan Pembiayaan

Untuk melakukan pendanaan, begini petunjuk teknisnya:

  • Klik menu Pembiayaan
  • Pilih proyek bisnis atau UMKM yang ingin Anda danai, misalnya yang tingkat resikonya rendah dan imbal hasilnya tinggi.
  • Jika sudah memilih proyek yang ingin Anda danai, langsung klik ke bagian kolom pendanaan dan pilih berapa modal yang sanggup Anda gelontorkan.
  • Selanjutnya klik tombol“ Tambahkan ke Keranjang” 
  • Klik tombol “Proses
  • Kemudian klik tombol “Selesaikan Order Anda
  • Selanjutnya akan muncul tulisan “Transaksi Anda Telah Berhasil” dan ini artinya Anda sudah sukses melakukan pendanaan.
  • Terakhir klik tombol “Konfirmasi” untuk menyelesaikan transaksi Anda

Sebagai tambahannya, sebelum melakukan investasi Anda bisa melakukan simulasi bagi hasil yang juga sudah tersedia pada aplikasi Qazwa dengan begitu Anda akan mendapat gambaran, berapa imbal hasil yang akan Anda peroleh.

Kesimpulan 

Itu dia langkah-langkah cara investasi P2P lending yang bisa jadi panduan Anda terutama para pemula. Pastikan mengetahui dengan jelas tujuan yang ingin Anda raih dalam berinvestasi, gunakan hanya “uang dingin”, lakukan analisa risk and return, dan terakhir, pilih mitra P2P lending tepercaya.

Salah satunya adalah Qazwa, P2P lending syariah yang sudah berizin OJK dan menerapkan sistem islami yang bebas riba. Selain memberi ketenangan dalam berinvestasi, Qazwa juga menghadirkan peluang meraup bagi hasil yang tinggi.

Mitra Qazwa adalah pengusaha-pengusaha yang amanah sehingga investasi Anda lebih minim resiko.

 

Referensi :

Syams Media. Cara Mendanai di Qazwa Syariah P2P. https://www.youtube.com/watch?v=7nx1jq50_Aw

Finansial. Simak Tips Investasi Jadi Lender P2P Lending Agar Tak Gigit Jari https://finansial.bisnis.com/read/20230615/563/1665657/simak-tips-investasi-jadi-lender-p2p-lending-agar-tak-gigit-jari/1

Skopi. Begini Cara Kerja Peer To Peer Lending yang Harus Dipahami Lebih Dulu. https://skopi.kemenkopukm.go.id/blog/3

Finansialku. 5 Cara Investasi P2P Lending & Kiat Meningkatkan Profit, Wajib Coba!. https://www.finansialku.com/investasi/cara-investasi-p2p-lending-bagi-pemula/