Untuk menjaga nilai uang dan mendapatkan keuntungan, investasi adalah solusi terbaik. Meski bisa menjaga nilai uang, investasi juga harus dilakukan dengan hati-hati dan strategis.

Sebab, investasi bukanlah sekadar menempatkan uang dalam suatu aset. Akan tetapi, investasi juga mencakup pemahaman akan potensi keuntungan, risiko, dan strategi yang tepat.

Penasaran apa saja instrumen investasi terbaik? Yuk, temukan jawabannya dengan baca artikel ini sampai habis!

Apa Itu Investasi?

investasi adalah

Investasi merupakan pengadaan aset atau barang dengan tujuan untuk mendapatkan apresiasi nilai. Apresiasi merujuk pada peningkatan nilai aset dari waktu ke waktu.

Apabila seseorang membeli barang sebagai investasi, niat utamanya bukanlah untuk mengonsumsi barang tersebut. Akan tetapi, barang tersebut akan dipakai di masa depan untuk ciptakan kekayaan.

Tujuan Investasi

tujuan investasi adalah

Investasi memiliki beragam tujuan penting bagi seseorang yang mau mencapai kebebasan finansial. Beberapa tujuan investasi adalah:

1. Mencapai Tujuan Keuangan

Investasi berguna untuk mencapai tujuan keuangan. Dengan melakukan investasi, seorang individu bisa bekerja menuju tujuan keuangan tertentu. Misalnya, membeli rumah atau mobil hingga pergi berlibur.

Tujuan-tujuan tersebut bisa dibiayai dengan keuntungan yang didapat dari investasi.

2. Membangun Kekayaan 

Dengan berinvestasi, individu bisa memperbesar nilai kekayaan mereka dari waktu ke waktu. Hal ini bisa dicapai melalui apresiasi modal, penghasilan, dan kekuatan bunga majemuk. Berbagai keuntungan tersebut akan menghasilkan peningkatan nilai dan ekuitas.

3. Meningkatkan Keamanan Keuangan

Investasi bisa memberikan kontribusi terhadap keamanan keuangan. Sebab, keuntungan dan jumlah investasi yang dimiliki bisa berperan sebagai sumber pendapatan, tabungan, serta memberikan jaminan untuk pengeluaran tak terduga maupun masa pensiun.

4. Memberikan Pertumbuhan Jangka Panjang

Investasi adalah strategi jangka panjang yang bertujuan untuk mengembangkan kekayaan secara stabil dari waktu ke waktu. Hal ini memungkinkan individu untuk memperoleh manfaat dari fluktuasi pasar dan potensi keuntungan yang lebih tinggi.

5. Menghasilkan Pendapatan Pasif

Contoh investasi seperti saham yang membayar dividen atau properti bisa menjadi pintu untuk mendapatkan pendapatan pasif. Keuntungan yang mereka dapat dari investasi tersebut akhirnya akan berkontribusi pada kesejahteraan keuangan mereka secara keseluruhan.

Manfaat Investasi

investasi emas

Investasi bisa dilakukan untuk berbagai tujuan, mulai dari mencapai goal finansial hingga menghasilkan pendapatan pasif. Adapun, berbagai manfaat dari investasi adalah:

1. Menjaga Nilai Uang dari Inflasi

Manfaat pertama adalah menjaga nilai uang dari inflasi. Sebab, investasi bisa melindungi daya beli uang Anda dengan menghasilkan pengembalian yang melebihi laju inflasi.

2. Mendapatkan Pendapatan Rutin

Manfaat investasi juga bisa untuk mendapatkan pendapatan rutin. Beberapa investasi, seperti saham, biasanya akan membayar dividen pada investor secara berkala. Dividen tersebut nantinya akan memberikan pendapatan rutin yang bisa dipakai untuk melengkapi pendapatan Anda atau diinvestasikan kembali.

3. Dana Pensiun yang Matang

Manfaat investasi terakhir adalah memiliki dana pensiun yang matang. Investasi dapat membantu Anda mempersiapkan masa pensiun dengan mengumpulkan dana yang cukup dari waktu ke waktu tanpa tergerus inflasi. Sehingga, ini bisa menjadi pilihan tepat dalam perencanaan pensiun Anda.

Jenis Instrumen Investasi Terpopuler

jenis investasi adalah

Terdapat berbagai jenis instrumen investasi yang tersedia. Jenis-jenis tersebut bisa dikategorikan sebagai investasi tradisional dan alternatif. Beberapa jenis investasi adalah:

Investasi Tradisional

Investasi tradisional merujuk pada instrumen yang telah ada dalam pasar keuangan sejak dulu. Biasanya, jenis instrumen ini memiliki karakteristik stabil, likuiditas tinggi, dan terbukti mampu memberikan pengembalian yang konsisten.

Berikut adalah beberapa contohnya:

  • Saham: Investasi dalam sebuah perusahaan yang mana investor bisa membeli bagian dari pendapatan dan aset organisasinya.
  • Obligasi: Pinjaman yang diberikan kepada sebuah perusahaan atau pemerintah. Lewat investasi ini, penerbit bisa meminjam uang Anda dan membayarnya dengan bunga.
  • Reksa Dana: Jenis investasi yang memungkinkan investor untuk mengumpulkan uang bersama dan berinvestasi dalam saham, obligasi, atau aset lainnya.
  • Reksa Dana Indeks: Jenis reksa dana yang secara pasif melacak sebuah indeks serta mengikuti segmen pasar tertentu.
  • Komoditas: Meliputi energi, pertanian, logam, dan mata uang yang bisa diinvestasikan di pasar berjangka. Ini juga bisa berupa dana yang diperdagangkan di bursa (ETF).
  • Properti: Investasi dari properti residensial dan komersial yang bisa dibeli secara langsung atau lewat REITs (Real Estate Investment Trusts).

Investasi Alternatif

Investasi alternatif merujuk pada instrumen yang tidak masuk dalam kategori tradisional. Jenis ini cenderung memiliki karakteristik yang kompleks, risiko tinggi, dan kurang likuid daripada instrumen tradisional.

Berikut adalah contohnya:

  • Emas: Investasi emas sering kali dianggap sebagai lindung nilai terhadap inflasi dan ketidakpastian ekonomi.
  • Cryptocurrency: Mata uang digital atau virtual yang menggunakan kriptografi untuk keamanan dan operasi secara independen dari bank sentral. Contohnya adalah Bitcoin dan Ether.
  • Ekuitas dan Hutang Swasta: Mengacu pada investasi yang dilakukan di perusahaan swasta atau utang korporasi non-pemerintah. 
  • P2P Lending: Memungkinkan individu untuk memberikan pinjaman langsung pada peminjam tanpa melalui lembaga keuangan tradisional seperti bank. Contohnya adalah P2P lending Qazwa yang sudah terjamin aman dan transparan.
  • Hedge Fund: Investasi yang mengumpulkan. Ini juga menawarkan strategi investasi awal yang tinggi.
  • Barang Koleksi: Jenis investasi berdasarkan barang koleksi yang bisa diinvestasikan secara individu atau lewat reksa dana maupun ETF, seperti seni rupa, perabotan, atau jam tangan.

Dapat disimpulkan dari penjelasan di atas, investasi adalah hal penting bagi setiap individu yang mau mencapai kebebasan finansial. Apabila mau mulai investasi, P2P lending Qazwa bisa jadi pilihan terbaik yang aman dan transparan. Lebih lengkapnya, unduh dulu aplikasi Qazwa di Google Play Store atau App Store.

 

Referensi:

Nerd Wallet. 6 Types of Investments to Know About. https://www.nerdwallet.com/article/investing/types-of-investments

Britannica Money. What investment types can I use to build a diversified portfolio. https://www.britannica.com/money/investment-types

Fidelity. What is investing. https://www.fidelity.com/learning-center/smart-money/what-is-investing

Forbes Advisor. What is investing? How can you start investing. https://www.forbes.com/advisor/investing/what-is-investing/

Investopedia. Investing with a purpose. https://www.investopedia.com/articles/basics/06/reasonstoinvest.asp

Investopedia. Investment Basics Explained with Types to Invest in. https://www.investopedia.com/terms/i/investment.asp

Itext:https://1text.com/plagiarismchecker/6628a06dd51c0