Untuk menjaga keseimbangan finansial di rumah, Anda harus tahu cara mengatur keuangan rumah tangga yang benar. Hal ini sangat penting, khususnya bagi pasangan baru yang masih belum terbisa mengelola keuangan rumah tangga.

Di dalam artikel ini Anda akan menemukan beberapa cara mengatur keuangan rumah tangga dengan penghasilan minim maupun berpenghasilan cukup besar.

Pentingnya Mengelola Keuangan Rumah Tangga

cara mengatur keuangan rumah tangga

Setiap pasangan yang baru menikah atau belum pernah membuat anggaran finansial bersama, Anda harus menyadari bahwa budgeting keuangan rumah tangga sangat penting.

Dengan mengelola keuangan di rumah, Anda dapat mengetahui penggunaan uang dari kas masuk ataupun keluar. Jika selama  ini boros, maka memahami cara mengatur keuangan untuk pemula dapat membantu Anda untuk menjalankan gaya hidup yang lebih bijak.

Anda juga bisa tahu pos-pos keuangan manakah yang harus diprioritaskan dan mana yang bisa ditekan. Pada akhirnya, mengelola dan membuat anggaran keuangan rumah tangga dapat membantu Anda dan pasangan untuk bisa menabung dan merencanakan masa depan dengan lebih terukur.

Pada praktiknya, hal ini memang cukup sulit, terlebih jika masih belum mampu disiplin menjalankannya. Oleh karena itu, Anda membutuhkan cara atau tips mengatur keuangan rumah tangga yang efektif.

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Nah, beberapa cara yang bisa Anda jadikan pegangan dalam mengatur keuangan rumah tangga di antaranya adalah:

1. Pahami Keadaan Keuangan di Rumah

cara mengatur keuangan rumah tangga

Hal fundamental ketika mengatur keuangan di rumah adalah paham mengenai kondisi keuangan saat ini. Dengan tahu keadaan keuangan sekarang, Anda bisa mendapat gambaran mengenai masalah atau hal yang bisa dipertahankan ke depannya.

Contoh penerapannya adalah dengan mencatat semua pemasukan bulanan Anda. Setelah itu, mulailah mencatat pengeluaran harian dengan teratur. Meskipun terkesan ribet, hal ini sangat membantu Anda agar tahu seperti apa gaya hidup dan kemampuan keluarga Anda selama ini.

2. Ketahui Tujuan dan Prioritas

cara mengatur keuangan rumah tangga

Dari pengeluaran bulanan atau harian yang Anda catat sebelumnya, akan terlihat mana saja kebutuhan yang harus diutamakan dan yang sekadar keinginan.

Untuk memiliki keuangan yang sehat, maka penting sekali memilah mana saja pengeluaran penting dan yang bukan. Setelah tahu mana prioritas, Anda bisa mulai menahan diri untuk tidak mengalokasikan uang pada hal yang kurang dibutuhkan.

3. Bedakan Keinginan dan Kebutuhan

cara mengatur keuangan rumah tangga

Hal ini mirip poin sebelumnya, karena jika semua keinginan dituruti, Anda bisa boncos. Mengetahui perbedaan keduanya dapat membantu Anda bisa mengontrol diri lebih kuat dan tidak mudah tergoda menghamburkan uang.

Kebutuhan merupakan setiap hal yang Anda perlukan untuk bisa bertahan hidup dalam berbagai situasi dan kondisi. Misalnya saja makanan dan minuman.

Sementara keinginan adalah setiap hal yang ingin Anda miliki atau lakukan. Bedanya, jika hal tersebut tidak terpenuhi, tidak akan ada dampak berarti pada kehidupan. 

Kebutuhan dan keinginan setiap orang berbeda, sehingga mulailah memisahkan kedua hal tersebut.

4. Tetapkan Budget Bulanan

cara mengatur keuangan rumah tangga

Agar pengeluaran tetap terkontrol dan tidak berlebihan, silakan mulai menentukan budget bulanan di rumah tangga Anda. Contoh penerapannya adalah dengan membuat kategori kebutuhan dan tentukan anggaran masing-masing.

Penerapan pengalokasian secara sederhananya bisa menggunakan formula 50% untuk belanja kebutuhan rumah, 30% untuk cicilan, dan 20% berinvestasi.

Dengan membuat anggaran keuangan rumah tangga, Anda dapat lebih terkontrol ketika mengelola keuangan per bulannya.

5. Hindari Utang

cara mengatur keuangan rumah tangga

Walaupun sistem kredit atau berutang lumayan populer, namun sebisa mungkin hindarilah hal ini. Karena utang bisa mengganggu keadaan keuangan di rumah, terutama jika bunganya cukup besar.

Kalaupun harus berutang, maka usahakanlah agar rasionya di bawah 30% dari pendapatan bulanan.

6. Siapkan Dana Darurat

cara mengatur keuangan rumah tangga

Untuk menghadapi berbagai kondisi tak terduga di kemudian hari, seperti PHK, krisis ekonomi, atau musibah, maka persiapkanlah dana darurat sejak awal. Sebab jika tanpa dana darurat, segala hal di atas dampak mengguncang kondisi finansial di rumah Anda.

Perkiraan dana darurat setiap rumah tangga bisa berbeda satu sama lain. Namun, sebaiknya persiapkan dana darurat sebanyak 6x dari total pengeluaran bulanan Anda.

7. Menabung

cara mengatur keuangan rumah tangga

Pastikan juga untuk menyisihkan pendapatan untuk menabung ataupun investasi. Kehadiran keduanya dapat membantu Anda merasa lebih aman karena ada cadangan dana yang bisa dipakai saat kondisi tertentu. Menabung juga bisa membantu agar cash flow  rumah tangga tetap sehat.

8. Disiplin

cara mengatur keuangan rumah tangga

Kunci keberhasilan semua tips dalam artikel ini adalah kedisiplinan setiap anggota keluarga. Pastikan untuk selalu menggunakan anggaran sesuai yang telah direncanakan. Maka, penting sekali mengomunikasikannya dengan pasangan atau anggota keluarga lainnya.

Jangan sampai tergoda untuk boros pada hal yang tidak penting. Karena jika “gagal” disiplin sekali, kemungkinan untuk terulang kembali akan sangat besar.

9. Evaluasi

cara mengatur keuangan rumah tangga

Langkah terakhir dalam tips mengatur keuangan rumah tangga ada mengevaluasi pelaksanaan tersebut di akhir bulan. Anda bisa memodifikasinya lagi agar sesuai kondisi terkini. Evaluasi terhadap perilaku berbelanja pun juga penting agar ke depannya bisa lebih baik.

Semua cara di atas sangat penting dan saling berkaitan untuk sejahtera secara finansial. Namun, kami paham bahwa cukup sulit melaksanakannya secara langsung.

Oleh karena itu, Anda bisa mulai dengan membuat anggaran bulanan dan mulai mengutamakan kebutuhan terlebih dahulu. Jika sudah terbiasa, perlahan semua cara mengatur keuangan rumah tangga di atas pun akan mengikuti, sehingga keadaan finansial lebih sehat. Selamat mencoba!

Baca Juga : Keuntungan memiliki pendapatan pasif !

Referensi:

Bank Mega Syariah. 8 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga yang Tepat dan Efektif. https://www.megasyariah.co.id/id/artikel/edukasi-tips/simpanan/cara-mengatur-keuangan-rumah-tangga

Gramedia. Pengertian dan Perbedaan Kebutuhan dengan Keinginan. https://www.gramedia.com/literasi/perbedaan-kebutuhan-dengan-keinginan/

Manulife. Memahami Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan untuk Perencanaan Keuangan. https://www.manulife.co.id/id/artikel/memahami-perbedaan-kebutuhan-dan-keinginan-untuk-perencanaan-keuangan.html

Media Keuangan Kemenkeu. Tujuh Tips Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga di Awal Tahun. https://mediakeuangan.kemenkeu.go.id/article/show/tujuh-tips-cara-mengatur-keuangan-rumah-tangga-di-awal-tahun

Prudential Syariah. Inilah 5 Cara Mengelola Keuangan Rumah Tangga yang Baik. https://www.prudentialsyariah.co.id/id/pulse/article/cara-mengelola-keuangan-rumah-tangga/

Universitas Negeri Yogyakarta. Pentingnya Kelola Keuangan Dalam Rumah Tangga. https://www.uny.ac.id/id/berita/pentingnya-kelola-keuangan-dalam-rumah-tangga