Salah satu keresahan kerap muncul pada orang-orang yang mulai tertarik berbisnis adalah tidak tahu harus mulai dari mana. Sebenarnya bisa dimaklumi, sebab jika salah langkah awal memulai usaha, usaha bisa dan modal akan terbuang percuma. Untuk mencegahnya, Anda bisa mengikuti cara memulai bisnis dari nol di artikel ini.

Dengan panduan di bawah, Anda akan lebih percaya diri untuk memulai usaha dari nol sampai sukses

Cara Memulai Bisnis dari Nol hingga Sukses

Beberapa cara awal memulai usaha kecil yang cukup efektif untuk Anda adaptasi adalah:

1. Menyediakan Modal

cara memulai bisnis dari nol

Modal awal adalah hal paling realistis yang harus Anda persiapkan ketika memulai sebuah bisnis. Tanpa modal, sebagus dan semenarik apa pun prospek usaha, Anda tetap akan kesulitan untuk menjalankannya. Terlebih, jika ini masih usaha baru.

Tidak harus selalu dari dari tabungan atau aset pribadi, beberapa sumber modal yang dapat Anda peetimbangkan adalah:

  • Konsumen Pertama

Hal ini bisa dilakukan dengan menerapkan sistem PO (pre-order)  atau DP (Down payment), di mana Anda bisa menerima bayaran di awal. Uang yang Anda terima nantinya bisa digunakan untuk memproses pesanan konsumen.

  • Program UMKM

Sudah banyak lembaga swasta dan pemerintah yang menyediakan program untuk usaha kecil. Dari sini Anda bisa mendapatkan modal, ilmu, serta mentor yang dapat membantu memberikan saran.

  • Angel Investor

Anda dapat mengajukan proposal kepada investor potensial, sehingga bisa mendapatkan suntikan dana besar. Karena mendapatkan investor tidak cukup mudah, maka buatlah proposal bisnis yang bagus dan menjanjikan.

  • Kredit Bank atau Pemerintah

Jika  mengajukan kepada swasta, maka cobalah ajukan kepada bank. Sementara pengajuan kepada pemerintah dapat menggunakan KUR (Kredit Usaha Rakyat)

2. Menentukan Jenis Usaha

cara memulai bisnis dari nol

Hal ini sebenarnya berjalan beriringan dengan mengumpulkan modal. Namun jika memperoleh modal melalui pinjaman atau investor, maka menentukan jenis usaha adalah hal yang harus didahulukan.

Ada dua tipe usaha untuk pemula modal kecil ataupun besar yang bisa Anda pertimbangkan: usaha yang sudah pernah eksis atau yang belum pernah ada sama sekali. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Ketika menentukan jenis usaha, pastikan juga bisa menyesuaikan dengan passion Anda. Dengan begitu, motivasi untuk berkembang jauh lebih besar dan tidak mudah menyerah jika ada hambatan datang.

3. Riset Pasar

cara memulai bisnis dari nol

Riset pasar berguna untuk menemukan dinamika bisnis yang Anda pilih. Hal yang perlu Anda riset antara lain, siapa target pasar, seperti apa karakter calon konsumen, serta kompetitor.

Dengan melakukan riset pasar sebelum memulai bisnis, Anda sudah jauh lebih maju daripada orang yang hanya mengandalkan feeling untuk berbisnis.

4. Menetapkan Keunikan Produk atau Jasa

cara memulai bisnis dari nol

Karena akan  bersaing dengan berbagai bisnis d luar sana, maka tentukanlah daya tarik atau keunikan yang dimiliki oleh produk Anda. Daya tariknya bisa berdasarkan kualitas, metode pemasaran, pelayanan, dan sebagainya.

Untuk mengetahui bahwa daya tarik tersebut memang “menjual”, Anda bisa melakukan uji coba. Caranya bisa dengan menjual produk dalam jumlah terbatas atau memberikan sampel kepada target konsumen. Dari hasil uji coba, Anda bisa mengevaluasi pengaruh keunikan produk terhadap minat beli konsumen.

5. Manajemen Waktu yang Baik

cara memulai bisnis dari nol

Mulai menerapkan manajemen waktu yang baik akan mempermudah Anda menjalankan usaha. Hal ini akan terasa manfaatnya ketika bisnis yang dijalankan mulai ramai orderan atau transaksi.

Jadi, meskipun di awal merintis usaha terkesan tidak sibuk, usahakanlah agar tetap fokus dalam mengelola waktu dengan bijak. Jangan sampai Anda kelimpungan karena belum terbiasa dengan ritme yang serba cepat.

Selain itu, tentukan juga jam operasional yang jelas. Hal ini nantinya akan membantu untuk Anda lebih produktif. Jika diperlukan, menambah jam kerja atau lembur juga tidak masalah. Tapi jangan sampai dibiasakan, terlebih jika alasannya karena proses kerja yang tidak efektif pada waktu yang ditentukan.

6. Fokus pada Satu Usaha

cara memulai bisnis dari nol

Walaupun banyak ide usaha yang Anda temukan dan memiliki prospek yang bagus, pastikanlah untuk fokus ke satu bisnis terlebih dahulu. Jangan sampai tergiur dengan potensi pendapatan yang tinggi karena banyak bisnis. Sebab, potensi ruginya juga tidak kalah tinggi.

Anda masih bisa menjalankan beberapa bisnis bersamaan, namun setelah bisnis yang dirintis sekarang sudah stabil. Hal ini akan jauh lebih efektif dan memiliki kemungkinan berhasil lebih besar.

7. Mengelola Keuangan dengan Bijak

cara memulai bisnis dari nol

Pastikanlah mulai melakukan pencatatan inventaris secara teratur agar bisa mengecek kebutuhan bisnis Anda. Hal ini nanti akan sangat membantu ketika mengalokasikan dana untuk kebutuhan di usaha.

Selain itu, pastikan juga Anda mencatat kas masuk dan keluar agar keuangan bisnis lebih sehat. Pencatatan ini juga membantu sebagai referensi ketika Anda menemukan kejanggalan dalam sistem keuangan.

8. Memasarkan Produk dengan Maksimal

cara memulai bisnis dari nol

Saat ini banyak sekali media pemasaran yang tersedia, sehingga optimalkanlah dengan maksimal. Jika Anda membuat online store, buatlah di berbagai marketplace dan ikut membuat konten promosi agar produk Anda lebih dikenal.

Gunakan juga keunikan produk sebagai daya tarik pemasaran ke target audiens Anda.

9. Evaluasi

cara memulai bisnis dari nol

Setelah semua hal di atas Anda lakukan, jangan lupa untuk mengevaluasi, mulai dari produk, cara pemasaran, hingga kinerja Anda dan tim. Hal ini bisa menjadi bahan untuk perbaikan ke depan, sehingga usaha bisa lebih berkembang lagi.

Penutup

Semua tips bisnis pemula untuk anak muda di atas dapat berjalan maksimal jika Anda kerjakan dengan benar. Karena modal berperan penting, maka pastikan untuk menemukannya sesegera mungkin.

Apabila ingin menemukan pendanaan cepat dan tanpa bunga, Anda bisa memilih Qazwa sebagai solusi pemberi pinjaman yang aman dan tepercaya. Dengan begitu, tips cara memulai bisnis dari nol di atas bisa segera Anda laksanakan. Semoga berhasil!

 

Referensi:

CIMB Niaga. 5 Cara Memulai Bisnis dari Nol yang Efektif dan Tepat. https://www.cimbniaga.co.id/id/inspirasi/bisnis/cara-memulai-bisnis-dari-nol-yang-efektif-dan-tepat

Sahabat Pegadaian. 5 Cara Memulai Usaha Dari Nol yang Wajib Diketahui https://sahabat.pegadaian.co.id/artikel/wirausaha/5-tahap-wajib-dilakukan-saat-memulai-usaha-dari-nol

OCBC. 11 Cara Memulai Bisnis dari Nol untuk Masa Depan Sukses. https://www.ocbc.id/id/article/2022/09/08/cara-memulai-bisnis-dari-nol

Katadata. 10 Cara Memulai Usaha dari Nol dan Contoh Usaha Tanpa Modal. https://katadata.co.id/agung/lifestyle/650022dc5c538/10-cara-memulai-usaha-dari-nol-dan-contoh-usaha-tanpa-modal