Sebagai pemula yang ingin mendapatkan penghasilan pasif dari investasi, rasa khawatir akan kegagalan memang kerap muncul, terlebih jika ilmu berinvestasi Anda masih kurang. Namun  jangan sampai kekhawatiran ini mendominasi pikiran Anda, sehingga Anda jadi enggan untuk memulai. Anda hanya perlu mengikuti tips investasi yang benar.

Dengan menerapkan tips investasi aman, maka ke depannya Anda tidak perlu khawatir lagi akan banyak hal yang bisa diatasi. Nah, beberapa kiat yang bisa Anda lakukan untuk menjadi seorang investor di antaranya adalah:

1. Punya Tujuan Keuangan

tips investasi  untuk pemula

Kulik lebih dalam apa saja tujuan keuangan yang ingin Anda capai dari investasi tersebut. Tujuan investasi ini berkaitan dengan apa saja hal yang ingin Anda capai setelah mencapai target tertentu. Jika memiliki tujuan jelas, maka proses investasi Anda akan jauh lebih terukur dengan strategi yang tepat.

Sederhananya, Anda bisa membuat tujuan berdasarkan jangka waktu, yaitu:

  • Jangka pendek: kurang dari tiga tahun, seperti uang liburan, mudik, DP rumah, dll.
  • Jangka menengah: tiga hingga lima tahun, seperti pernikahan, uang untuk melanjutkan studi, dll
  • Jangka panjang: di atas lima tahun, seperti pensiun, pendidikan anak, dll

Berdasarkan ketiga jangka waktu tersebut, tentukanlah target nominal uang yang ingin Anda capai.

2. Temukan Investasi yang Tepat

tips investasi  untuk pemula

Saat ini ada banyak sekali tipe investasi yang bisa Anda coba. Namun tidak semuanya cocok karena mempertimbangkan modal, risiko, ataupun cara mengambil keuntungannya. Dan tentu saja, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri.

Oleh karena itu, lakukanlah riset mengenai setiap jenis investasi. Anda bisa membeli buku, ikut workshop, ataupun melihat berbagai video gratis yang tersebar di internet. Pastikan melihat sumber kredibel agar ilmu yang Anda dapatkan benar dan relate dengan keadaan.

Dari situ, Anda akan memiliki gambaran investasi yang cocok untuk dijadikan sumber penghasilan sampingan dan jangka panjang.

3. Memiliki Mindset yang Benar

memiliki mindset yang benar

Sebelum memulai, Anda bisa menanamkan mindset untuk optimis dan tidak takut mengambil risiko. Sebab, salah satu penentu keberhasilan seorang investor adalah pola pikirnya. Hal ini perlu diperkuat sejak awal, karena mindset juga bisa memengaruhi tindakan dan kebiasaan Anda berinvestasi.

Untuk memperoleh mindset ini Anda bisa memperbanyak literasi terkait investasi. Tapi dalam cara investasi pemula ini tetaplah berpikir dengan matang, jangan asal mengambil risiko tanpa perhitungan, ya.

4. Diversifikasi

tips investasi  untuk pemula

Salah tips investasi untuk pemula adalah membagi modal yang ada menjadi beberapa aset investasi atau diversifikasi. Contoh diversifikasi adalah membaginya untuk investasi di emas, properti, saham, atau ke platform peer-to-peer lending.

Tujuan diversifikasi ini adalah demi mencegah Anda gagal total apabila salah satu instrumen mengalami kegagalan. Hal ini juga bisa membantu Anda untuk menguji instrumen manakah yang tepat untuk diteruskan pada jangka waktu panjang.

5. Menjalankan Strategi Pilihan

tips investasi  untuk pemula

Hal  ini lebih mengacu pada investasi saham, di mana cukup banyak filosofi atau strategi yang beredar di luaran sana. Ketika masih pemula, ada baiknya berpegang teguh pada strategi yang Anda pilih.

Sebab ini akan menjadi penentu mengenai alur kerja berinvestasi. Jika Anda terombang-ambing, ini akan membuat Anda lama berpikir dan akhirnya tidak bisa mengambil keputusan dengan bijak.

Meskipun begitu, sembari berpegang pada satu prinsip, Anda juga mengeksplorasi filosofi lain untuk menemukan insight baru dan tepat.

6. Jangan Terlalu Sering Melakukan Monitor

tips investasi  untuk pemula

Monitoring terhadap instrumen investasi memang dibutuhkan, namun jangan sampai terlalu sering atau berlebihan. Sebab, tindakan ini dapat membuat Anda lebih khawatir, sehingga takut saat membuat keputusan.

Karena investasi merupakan suatu tindakan untuk jangka panjang, maka memantau pergerakannya setiap hari akan terasa kurang relevan. Lebih baik Anda memantaunya dalam jangka waktu sebulan sekali atau dalam periode waktu lain.

7. Fokus pada Perspektif Jangka Panjang

tips investasi  untuk pemula

Walaupun saat berinvestasi butuh informasi mengenai performanya di masa lalu, namun ini tidak menjadi patokan utama. Anda juga harus melihat potensinya di masa depan. Jadi, jangan mudah tergiur dengan investasi aktif dalam jangka pendek saja.

Karena jika ingin bisa mencapai tujuan jangka menengah hingga panjang sekaligus merdeka secara finansial, maka fokuslah untuk prospek di masa depan. Strategi beli dan tahan pun memiliki risiko lebih minim daripada melakukan transaksi aktif dalam periode waktu singkat.

8. Berpikiran Terbuka

tips investasi untuk pemula

Punya pikiran yang terbuka cocok untuk semua tipe investasi, namun akan lebih relate sebagai tips investasi saham dan reksa dana. Di kedua instrumen ini, Anda sebaiknya tidak terlalu fokus mengejar investasi pada perusahaan-perusahaan ternama saja.

Sebab, masih sangat banyak perusahaan kecil atau baru yang memiliki potensi perkembangan tinggi di masa depan. Memilih salah satu yang paling potensial dapat menjadi batu loncatan Anda.

Dengan modal investasi yang relatif kecil, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang besar saat perusahaan berkembang. Namun jangan mengorbankan semua portofolio Anda ke perusahaan kecil.  Pilihlah yang benar-benar potensial tanpa meninggalkan investasi di perusahaan yang Anda pilih sekarang.

Penutup

Investasi adalah salah satu sarana untuk mencapai kebebasan finansial atau mencapai target jangka pendek hingga panjang di kehidupan. Oleh karena itu, penting sekali melakukannya dengan benar sesuai tips di atas. Jika Anda ingin investasi yang menguntungkan, mudah, dan bebas riba, cobalah berinvestasi di Qazwa sebagai Pendana (lender)

Di sini Anda akan meminjamkan modal bagi peminjam dana yang ingin memajukan usahanya. Dengan risiko yang relatif kecil dan memenuhi unsur tips investasi di atas, Anda bisa memenuhi impian keuangan dengan lebih menyenangkan bersama Qazwa. Ayo gabung sekarang!

 

Referensi:

Strawberry Invest. Top 10 Tips for First time investors. https://www.strawberryinvest.com/knowledge-hub/top-10-tips-for-first-time-investors/

Investopedia. 10 Tips for Successful Long-Term Investing. https://www.investopedia.com/articles/00/082100.asp

CIMB Niaga. Catat, Ini Cara Berinvestasi yang Benar dan Aman. https://www.cimbniaga.co.id/id/inspirasi/perencanaan/cara-berinvestasi-yang-baik-dan-benar-agar-tidak-rugi

Manulife. Cara Investasi Bagi Anak Muda dalam 5 Langkah Mudah. https://www.manulife.co.id/id/artikel/cara-investasi-bagi-anak-muda-dalam-5-langkah-mudah.html

OJK. Tips Investasi Secara Aman. https://ojk.go.id/waspada-investasi/id/Pages/Tips-Investasi-Secara-Aman.aspx

Indonesia Baik. Tips Aman Berinvestasi. https://indonesiabaik.id/infografis/tips-aman-berinvestasi