Pasif income merupakan salah satu solusi untuk bisa menambah pendapatan Anda di luar gaji tetap per bulannya. Dengan memiliki passive income halal, maka Anda bisa menabung lebih banyak atau menggunakannya untuk mencapai tujuan keuangan lainnya.

Walaupun istilah ini mungkin tidak terlalu asing lagi, namun sebaiknya Anda mengenal konsep dari passive income online maupun offline terlebih dahulu. Sesudah itu, mari kita bahas berbagai tips untuk mendapatkannya.

Mengenal Konsep Passive Income

cara mendapatkan Pasif income

Passive income artinya sumber pendapatan yang didapatkan dari sumber atau usaha, yang tidak membutuhkan keterlibatan aktif Anda untuk memperolehnya. Dengan begitu, Anda tidak perlu berperan aktif menjalankan operasional usaha tersebut.

Ada banyak sekali hal di luar pekerjaan utama yang bisa Anda jadikan passive income. Namun tidak semuanya cocok dengan Anda, karena ada hal yang harus dipahami terlebih dahulu dan butuh komitmen untuk melakukannya.

Terlebih, meski namanya passive income terbaik, Anda tetap perlu memberikan perhatian ekstra di awal prosesnya. Setelah mulai stabil, barulah Anda bisa perlahan menikmati hasilnya.

Dengan begitu, perlu dipahami bahwa passive income bukanlah easy money atau sumber uang instan yang didapatkan tanpa usaha sama sekali.

Sementara itu, beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan dari passive income modal kecil ataupun besar adalah:

  • Membantu lebih cepat mencapai kebebasan finansial (financial freedom)
  • Mengurangi rasa cemas mengenai ketidakpastian di masa depan
  • Fleksibel
  • Menjadi sarana mengerjakan passion yang tidak bisa diperoleh dari pekerjaan utama

Tips Mendapatkan Passive Income yang Menjanjikan

Beberapa cara mendapatkan passive income yang bisa Anda coba, antara lain:

1.  Investasi Saham

cara mendapatkan Pasif income

Seperti sempat dibahas sebelumnya, berinvestasi ke saham adalah salah satu cara paling populer mendapatkan penghasilan pasif. Daripada hanya meletakkan uang di bank yang nilainya bisa terkena inflasi, mengalokasikannya untuk saham relatif lebih bagus.

Namun sebelum terjun, Anda harus belajar dan melakukan riset agar memahami konsepnya dan tidak salah memilih tempat menanam saham. Ketika sudah menjalankannya, tetaplah pantau portofolio agar kinerjanya tetap baik.

2. Bisnis Properti

cara mendapatkan Pasif income

Apabila Anda memiliki dana yang cukup untuk properti, maka cobalah mempertimbangkannya. Anda bisa membuat kos-kosan, kontrakan, ataupun penginapan. Jika sudah berjalan, Anda bisa mendapatkan penghasilan pasif per bulan hingga tahunan.

Untuk pemeliharaan bangunan, Anda bisa menyewa penjaga dan tenaga kebersihan agar bangunan bisa bertahan lama.

3. Affiliate Marketing

cara mendapatkan Pasif income

Beberapa tahun belakangan, affiliate marketing semakin populer, karena banyaknya peluang yang disediakan oleh marketplace. Konsep atau cara kerjanya relatif sederhana, yaitu dengan mempromosikan sebuah layanan atau produk kepada audiens di media sosial.

Jika ada yang membeli melalui tautan Anda, maka akan ada komisi penjualan yang masuk. Untuk mempromosikannya, Anda bisa membuat tulisan atau video review yang diposting di media sosial.

Dengan begitu, ketika ada yang melihat dan memakai tautannya, penghasilan tetap masuk walaupun tidak dipromosikan secara aktif.

4. Menjual Produk Fotografi

cara mendapatkan Pasif income

Jika Anda punya skill fotografi mumpuni, Anda bisa menjual hasil jepretan tersebut di berbagai situs penyedia gambar. Dengan optimasi foto, deskripsi, dan kata kunci yang tepat, nanti Anda bisa mendapatkan penghasilan dari setiap unduhan.

Selama ada yang mengunduhnya di platform tersebut, maka otomatis penghasilan pasif pun bisa Anda dapatkan.

5. Membuat Kursus Online

cara mendapatkan Pasif income

Tren kursus online semakin tinggi karena adanya pandemi Covid-19 beberapa tahun lalu. Jika memiliki skill yang bisa diajarkan kepada orang lain, maka Anda bisa menjadikannya sebagai bahan kursus online. Contohnya, bahasa Inggris, public speaking, mata pelajaran, dan lainnya.

Anda bisa menggunakan sistem manajemen pembelajaran yang bebas digunakan di internet untuk mengelolanya. Kemudian, coba pasarkan kepada orang terdekat atau menggunakan iklan agar ada yang tertarik.

Usaha maksimal yang Anda butuhkan hanya di awal perintisan, seperti membuat materi dan merekam video. Setelah itu, pendapatan pasif bisa diperoleh karena materi sudah tersedia di sistem.

6. Menulis Cerita Online

cara mendapatkan Pasif income

Apabila Anda memiliki hobi dan bakat membuat cerita, maka cobalah bergabung ke platform menulis. Sebab saat ini sudah banyak sekali platform yang membayar cerita penulis, baik itu melalui pembelian bab ataupun kontrak dengan syarat tertentu.

Ketika berhasil mendapatkan pembaca setia, maka penghasilan dari menulis itu pun bisa Anda nikmati. Sekalipun ceritanya sudah tamat, uang masih bisa mengalir ketika ada yang membaca.

7. Menjadi Pendana Peer-to-Peer

cara mendapatkan Pasif income

Dalam konsep ini, Anda akan berperan sebagai pemberi pinjaman sejumlah dana kepada peminjam. Biasanya peminjam tersebut menggunakan dananya untuk mengembangkan usahanya.

Untuk menjembatani pemberi pinjaman (lender) dengan peminjam (borrower), sudah tersedia platform khusus. Dengan begitu, akan ada regulasi yang mengikat demi menjamin keamanan dan kenyamanan kedua belah pihak.

Sistem keuntungannya bisa didapatkan dari bunga yang dibayar peminjam dana. Ada juga berdasarkan akad bagi hasil, apabila sistem P2P-nya berbasis syariah.

Secara umum, proses kerjanya adalah:

  • Lender dan borrower registrasi akun di platform P2P lending yang dipilih.
  • Borrower mengajukan pinjaman dan platform menganalisis kelayakan pengaju pinjaman.
  • Informasi borrower bisa ditemukan di laman platform untuk memudahkan mendapatkan lender.
  • Jika berhasil mendapatkan lender, dana bisa dicairkan.
  • Proses pembayaran dan bagi hasil dilakukan mengikuti kesepakatan awal.

Selama dana Anda masih digunakan oleh borrower dan usahanya berjalan lancar, maka passive income pasti datang tanpa perlu melakukan apa pun.

Baca Juga : Mengenal Pendanaan Syariah !

Penutup

Pendapatan tambahan dari beberapa cara di atas bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin bisa mencapai kebebasan finansial atau mencapai goal tertentu. Ada banyak sekali cara mendapatkannya, tergantung pada minat, skill, serta kesempatan Anda. Namun, terlepas dari apa pun yang Anda pilih, pastikan untuk konsisten, karena hasilnya tidak instan.

Jika ingin pasif income yang tidak terlalu membutuhkan partisipasi, Anda bisa bergabung sebagai pemberi pinjaman (lender) di Qazwa, selaku P2P Lending Syariah. Tidak hanya mendapatkan kebebasan finansial, Anda bisa berinvestasi nyaman, terhindar dari riba, dan hal haram lainnya. Hubungi tim kami sekarang!

 

referensi:

Glints. Passive Income: Definisi, Tipe, Manfaat, dan Tips Memulainya. https://glints.com/id/lowongan/passive-income-adalah/

OCBC. Passive Income: Pengertian, Contoh, dan Cara Mendapatkannya. https://www.ocbc.id/id/article/2023/06/27/passive-income-adalah

Deposito BPR. Mudah! 13 Cara Mendapatkan Passive Income di Tahun 2023. https://depositobpr.id/blog/cara-mendapatkan-passive-income

OCBC. Ini 8 Cara Mendapatkan Passive Income yang Dapat Dicoba! https://www.ocbc.id/id/article/2021/04/07/cara-mendapatkan-passive-income

Entrepeneur.  10 Cara Mendapatkan Passive Income untuk Tambah Penghasilan. https://entrepreneur.bisnis.com/read/20230901/263/1690492/10-cara-mendapatkan-passive-income-untuk-tambah-penghasilan