Bisnis rumahan merupakan salah satu ide usaha yang banyak digemari saat ini. Sebab, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sewa tempat lagi. Jadi, cukup berfokus mengembangkan modal untuk produk ataupun jasa.

Karena siapa pun bisa melakukan bisnis rumahan yang menjanjikan, maka Anda  tidak perlu khawatir jika masih pemula. Sebab, saat ini sudah banyak sekali ide bisnis rumahan untuk pemula, dengan modal relatif masih terjangkau. Untuk menemukan referensi yang cocok, simak rekomendasi ide bisnis di bawah!

7 Rekomendasi Bisnis Rumahan yang Menjanjikan

Beberapa rekomendasi bisnis rumahan yang cocok untuk pemula dan berpengalaman di antaranya adalah:  

1. Laundry Kiloan

rekomendasi bisnis rumahan menguntungkan

Bisnis laundry memang identik sebagai usaha rumahan yang tidak ada matinya. Sebab, baik di kawasan desa ataupun kota, kehadirannya cukup diperlukan dan terkadang menjamur di beberapa spot yang ramai.

Jika lingkungan rumah Anda berisikan orang-orang yang memiliki kesibukan sepanjang hari atau sulit mencuci sendiri, maka pertimbangkanlah usaha ini.  Terlebih jika berada di perumahan dan dekat kos-kosan.

Modal awal, cukup dengan satu atau dua mesin cuci serta setrika yang bagus. Perlahan jika mulai berhasil, Anda bisa menambah peralatan bisnis. Tantangannya adalah saat awal Anda memperkenalkan bisnis, terutama kepada orang-orang yang sudah memiliki langganan tersendiri.

Untuk  menarik minat calon pelanggan, Anda bisa memberikan penawaran lebih menarik. Misalnya sedia jasa antar-jemput laundry, membership, atau diskon khusus untuk kuantitas tertentu. 

2. Camilan dan Makanan

rekomendasi bisnis rumahan menguntungkan

Jika Anda memiliki kemampuan memasak camilan atau makanan lainnya, cobalah mempertimbangkan bisnis ini. Tren bisnis ini bisa menjadi ide bisnis rumahan online maupun offline, karena kedua media tersebut memungkinkan Anda untuk memasarkan produk.

Tidak masalah jika skill Anda khusus makanan tradisional, karena penggemarnya relatif banyak, terutama untuk acara-acara tertentu.  Oleh karena itu, Anda bisa menargetkan ibu-ibu kompleks yang senang membuat acara arisan, pengajian, PKK, dan lainnya.

Sementara untuk anak muda, maksimalkan dengan pemasaran dan packaging yang lebih menarik. Karena menggaet pelanggan cukup sulit, maka Anda bisa memberikan beberapa sampel gratis terlebih dahulu agar calon konsumen bisa menilai. 

Tidak masalah sedikit “rugi” di awal, karena ini bisa menjadi ajang promosi sekaligus mendapatkan evaluasi untuk peningkatan produk Anda.

3. Dropship

rekomendasi bisnis rumahan menguntungkan

Bisnis ini cukup diminati banyak orang karena tidak mengharuskan Anda memiliki modal yang besar. Anda tidak harus memegang produk jualan secara langsung, namun cukup bekerja sama dengan toko online yang dipilih.

Anda cukup membuatkan katalog dan melakukan pemasaran kepada audiens yang dirasa tepat. Nantinya, toko online tersebutlah yang melakukan pengiriman barang.

Untuk menarik pelanggan, cobalah mengoptimasi produk dan toko online Anda. Caranya, buat foto produk profesional, gunakan kata kunci yang tepat, serta deskripsi yang jelas. Jika memungkinkan, gunakan jasa ads agar visibilitas produk lebih naik.

Namun risiko dari metode ini adalah ketidakmampuan Anda untuk melakukan cek barang sebelum dikirim. Sehingga jika ada barang yang rusak atau bermasalah, Anda yang akan dikomplain pembeli.

4. Affiliate Marketer

rekomendasi bisnis rumahan menguntungkan

eberapa tahun belakang bisnis rumahan yang lagi trend adalah menjadi afiliator beberapa marketplace, seperti Shopee, Tokopedia, TikTok, dan sebagainya. Anda bisa ikut serta menjadi afiliator ini, entah di satu atau beberapa marketplace.

Peluangnya cukup bagus, terutama jika memiliki media sosial dengan pengikut atau teman yang banyak. Namun karena pesaingnya cukup banyak, Anda harus jeli dalam memasarkan produk tersebut.  

Salah satu tips sukses bisnis ini adalah membeli dan melakukan review sendiri dengan jujur produknya, bukan asal sebar link. Review tersebut bisa berbentuk caption ataupun video di media sosial. Pastikan juga Anda memahami produknya, sehingga bisa menjawab pertanyaan dari calon pembeli.

5. Bisnis Stiker Lucu

rekomendasi bisnis rumahan menguntungkan

Bagi Anda yang memiliki kemampuan menggambar atau membuat karakter, manfaatkanlah skill tersebut dengan mengubahnya menjadi stiker lucu. Sebab, tren stiker gemas tersebut akhir-akhir ini sedang pesat di kalangan penggemar estetika.

Beberapa target pasar yang cocok adalah penggemar K-Pop, penggemar journaling, atau orang-orang yang suka mengoleksi stiker. Untuk pencetakannya, Anda bisa bekerja sama dengan digital printing terdekat. Sementara untuk pemasarannya, bisa secara online.

Untuk membuat konsumen menjadi pelanggan, Anda bisa memberikan bonus, membuat kartu ucapan terima kasih, promo di hari tertentu, dan lainnya. Mendokumentasikan proses ketika Anda mendesain hingga membungkus paket, lalu menjadikannya konten, juga ide yang cukup efektif untuk menarik pembeli.

6. Live Streaming TikTok

rekomendasi bisnis rumahan menguntungkan

Tidak harus menjadi influencer dengan banyak pengikut, Anda pun bisa melakukan live streaming di TikTok untuk mengumpulkan gift dari penonton. Terlepas dari kontroversinya, Anda bisa melakukan hal yang tidak melanggar norma dan etika di sini.

Beberapa contoh konten yang aman adalah memberikan pelajaran online, mempertontonkan skill, bermain game, bincang-bincang, ASMR, dan sebagainya. Anda juga bisa memasarkan produk afiliasi di sini. Buatlah persona atau karakter unik yang membuat orang betah menonton live Anda.

Meskipun cukup sulit karena banyak saingan, namun jika berhasil membangun komunitas sendiri, maka kesempatan mendapatkan uang dari rumah sangat memungkinkan.

7. Warung Kopi

rekomendasi bisnis rumahan menguntungkan

Apabila berada di lingkungan perumahan yang banyak berisikan anak muda atau bapak-bapak, maka pertimbangkanlah untuk membuka warung kopi. Modalnya cukup sedikit lahan di depan rumah dan kemampuan membuat kopi.

Anda juga bisa menambahkan gorengan, makanan ringan, menu sarapan, serta televisi untuk membuat konsumen lebih betah. Modal awal membuat warung mungkin cukup besar, namun jika sudah memiliki pelanggan tetap, maka keberlangsungan warung Anda bisa lebih terjamin.

Skill komunikasi berperan penting untuk membuat pelanggan betah, jadi usahakan bisa membangun komunikasi yang baik dengan setiap orang yang datang.

Penutup

Dari beberapa rekomendasi bisnis atau pekerjaan yang bisa dilakukan di rumah di atas, maka pertimbangkanlah opsi yang sesuai dengan keadaan dan minat Anda.

Anda juga dapat menambah pendapatan pasif dengan berkontribusi pada usaha rumahan seperti di atas. Salah satu caranya adalah dengan mempertimbangkan untuk menjadi pendana di platform pendanaan seperti Qazwa

Karena berlandaskan syariah, Anda tidak perlu khawatir mengenai keamanan dan keabsahan aspek syariah di Qazwa.

Dengan berkontribusi kepada mitra UMKM Qazwa, bukan hanya mendapatkan penghasilan tambahan, Anda juga ikut serta membantu agar UMKM semakin berkembang dan maju. 

Oleh karena itu, selain mencoba rekomendasi bisnis rumahan di atas, menjadi pendana atau lender di Qazwa adalah solusi terbaik untuk investasi dan menambah penghasilan Anda.

 

 

referensi:

CIMB Niaga. Ide Bisnis Rumahan dengan Modal Kecil Tapi Beromzet Besar. https://www.cimbniaga.co.id/id/inspirasi/bisnis/ide-bisnis-rumahan-dengan-modal-kecil-tapi-beromzet-besar

Mamikos. Contoh Analisis SWOT Makanan Khas Daerah yang Bisa Kamu Gunakan. https://mamikos.com/info/contoh-analisis-swot-makanan-khas-daerah-pljr/

Entrepeneur. Inspirasi 10 Ide Bisnis Rumahan dengan Cuan Menjanjikan. https://entrepreneur.bisnis.com/read/20231009/263/1702408/inspirasi-10-ide-bisnis-rumahan-dengan-cuan-menjanjikan

Finance Detik. 20 Ide Usaha Rumahan yang Cocok buat Pemula dan Menjanjikan. https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-6739873/20-ide-usaha-rumahan-yang-cocok-buat-pemula-dan-menjanjikan

OCBC. 10 Ide Bisnis Rumahan yang Sukses Mendatangkan Cuan. https://www.ocbc.id/id/article/2021/03/26/ide-bisnis-rumahan

Paxel. 4 Usaha Rumahan Modal 50 Ribu dan Contoh Perhitungannya. https://paxel.co/id/berita-dan-promo/4-usaha-rumahan-modal-50-ribu-dan-contoh-perhitungannya

CNN Indonesia. Apa Itu Afiliasi? Penjelasan, Cara Kerja, dan Contohnya. https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20230705170022-104-969892/apa-itu-afiliasi-penjelasan-cara-kerja-dan-contohnya

Berita Usaha. Peluang Bisnis Stiker, Tarik Fans K-Pop Hingga Pecinta Estetika!. https://beritausaha.com/inspirasi-bisnis/bisnis-stiker/

CNN Indonesia. 11 Cara Dapat Uang dari TikTok, Tak Hanya Jadi Influencer.https://www.cnbcindonesia.com/tech/20230712125237-37-453580/11-cara-dapat-uang-dari-tiktok-tak-hanya-jadi-influencer