Pada era digitalisasi sekarang ini, mengawali bisnis dapat dibilang lebih gampang, serta tak selalu membutuhkan dana awal besar, contohnya bisnis online. Cukup dengan gawai serta jaringan internet yang bagus Anda berpeluang menjangkau pasar global. Lalu bagaimana cara bisnis online bagi pemula?

Anda bisa mendapat clue cara memulai bisnis online dari nol pada artikel ini, termasuk model bisnis online paling recommended di tahun ini.

1. Buat Keputusan Produk Apa yang Hendak Anda Jual

Menentukan produk yang akan dijual

Produk fisik, jasa, dan produk digital bisa jadi pilihan untuk mengawali bisnis Anda:

  • Produk fisik: perhiasan, tas, skincare, snack, aksesoris, dan lainnya.
  • Jasa: Mengajar bahasa online, pembuatan konten, konsultan, content writing, desain web, copywriting, dan lainnya.
  • Produk digital: Ebook, webinar, dan lainnya.

Dalam memilih produk bisa disinkronkan dengan minat, bakat, atau hobby. Ini akan memudahkan Anda mempromosikannya kepada audiens serta merancang materi konten iklan yang relevan.

Untuk yang belum punya gambaran mau mulai darimana, sebaiknya tentukan ide bisnis Anda dulu sesuai minat. Rekomendasi bisnis online dari rumah yang sedang banyak dicari yaitu:

  • Bisnis Fashion: Buka jasa jahit online, merintis clothing line, dropship dan reseller produk fashion bisa jadi ide menarik. Selanjutnya, untuk cara memulai bisnis online baju dari nol jadi dropshipper atau reseller bisa jadi langkah pertama Anda meretas jalan menjadi pebisnis. 
  • Dropship: Jalin kerja sama dengan pemasok atau distributor untuk memasarkan suatu produk. Setelah menerima pesanan, merekalah selanjutnya yang akan mengurus pengiriman produk langsung kepada customer. Produk yang sedang growing saat ini yaitu fashion item, skincare serta F&B. Sistem dropship cocok bagi Anda yang mencari cara bisnis online untuk pemula tanpa modal. 
  • Affiliate Marketing: Sebagai affiliator tinggal promosikan saja suatu produk, lalu nantinya Anda mendapatkan komisi sesuai penjualan produk.
  • Kursus Online: Buat serta jual kelas-kelas kursus online di bidang keahlian Anda atau sesuai latar belakang pendidikan Anda. Kini, kian banyak netizen yang ingin mempelajari keterampilan baru setiap hari.
  • Blogging: Buat website yang relevan dengan minat, skill, atau background pendidikan Anda. Semakin bagus konten Anda, dan semakin tinggi traffic kunjungan pada website Anda, business owner akan tertarik memasang iklan berbayar pada platform tersebut.
  • Layanan Terjemahan: Menerjemahkan teks atau audio untuk bisnis dan individu adalah peluang bisnis online yang menjanjikan di era globalisasi.
  • Online Shop: Jika Anda mempunyai produk sendiri, jangan hanya dijual secara offline, tapi pasarkan juga secara online. Manfaatkan platform marketplace, media sosial, dan jalin kemitraan dengan influencer untuk endorsement

2. Buat Rencana Bisnis

Membuat rencana bisnis

Rencana bisnis meliputi strategi bisnis, atau pendeknya bagaimana Anda merancang langkah demi langkah bisnis demi mencapai tujuan. Beberapa poin penting yang seharusnya masuk dalam perencanaan Anda:

  • Tujuan usaha
  • Layanan serta produk 
  • Rencana pemasaran 
  • Pendanaan/sumber modal
  • Proyeksi keuangan 

3. Survey Vendor dan Pemasok

Memilih vendor dan pemasok

Bisnis online yang menjual produk tentu memerlukan banyak jaringan bisnis, misalnya pemasok, produsen, distributor atau mungkin pihak ketiga. 

Pastikan Anda bermitra dengan pihak-pihak profesional, tepercaya, dan menerapkan sistem kerjasama yang fair. Jadi, rajin-rajinlah melakukan survey sebelumnya dengan banyak membandingkan antara pihak satu dengan lainnya untuk mendapatkan solusi terbaik.

4. Siapa Target Audiens yang Ideal

Target audiens yang tepat

Target audiens artinya sekelompok individu dengan karakteristik atau kebutuhan yang bisa dipenuhi oleh produk/layanan Anda. Selanjutnya, mereka juga diharapkan membeli produk atau memakai jasa Anda. 

Dalam menentukan audiens, Anda bisa memfilternya dengan kategori berikut:

  • Berapa umur mereka?
  • Mereka termasuk dalam generasi apa?
  • Apakah audiens Anda kebanyakan laki-laki atau perempuan?
  • Berapa penghasilannya?
  • Status sosial 
  • Bagaimana cara mereka menonton konten: PC, seluler, atau tablet?
  • dan lainnya.

5. Memonitor Sepak Terjang Pesaing

Memonitor sepak terjang pesaing

Saat mulai bisnis, Anda juga perlu mempelajari para kompetitor. Perhatikan poin-poin berikut pada pesaing Anda: apa keunggulan serta kelemahan mereka, apakah target pasarnya serupa dengan Anda, serta strategi pemasaran mereka. Informasi tersebut dapat membantu Anda merancang strategi yang lebih baik untuk memajukan bisnis Anda.

6. Sumber Modal Bisnis

Sumber modal bisnis

Untuk yang sedang mencari cara bisnis online tanpa modal, perlu diketahui sedikit banyak Anda tetap perlu menginvestasikan dana untuk mengawali bisnis. Beberapa cara untuk mendanai usaha Anda:

Tabungan pribadi

Opsi pertama adalah tabungan pribadi (jika ada), yaitu “uang dingin” yang tak akan Anda gunakan dalam waktu dekat. Dengan begitu Anda tak perlu berhutang kepada siapa pun, namun tentu tidak semua orang punya simpanan yang mencukupi.

Penggalangan dana

Opsi pendanaan lainnya adalah crowdfunding, dimana individu secara kolektif berkontribusi untuk mendukung bisnis Anda. Beberapa situs web menyediakan sarana untuk mengadakan crowdfunding.

Investor

Jika ide bisnis Anda memiliki potensi pertumbuhan yang tinggi, Anda mungkin dapat menarik investor untuk mengucurkan dana. 

P2P Syariah

Platform P2P syariah mempertemukan antara penyedia dana dengan pencari dana, salah satunya adalah Qazwa adalah platform P2P lending syariah yang bebas riba. Alasan Qazwa bisa jadi mitra terbaik Anda adalah sistemnya yang menerapkan syariat Islam yang dijamin bebas riba. 

Bersama platform P2P Qazwa kedua belah pihak, yaitu investor (lender) dan pengusaha (borrower) sama-sama mendapat keuntungan yang fair dengan sistem bagi hasil.

7. Mulai Bisnis Anda

Memulai bisnis Anda

Bisnis terbaik adalah bisnis yang dimulai! Jadi setelah melakukan berbagai penyiapan, sekarang saatnya merilis website online shop Anda. Di samping itu sediakan juga saluran pemasaran yang lain termasuk marketplace dan media sosial.

Untuk membuat produk Anda terpampang di halaman pertama pencarian, lakukan strategi SEO atau konsultasikan dengan praktisi SEO berpengalaman jika Anda bukan ahlinya.

Itu dia langkah-langkah cara bisnis online yang bisa langsung Anda praktikkan. Setelah mendapatkan ide, segera buat perencanaan bisnis, cari supplier tepercaya, tentukan siapa saja target konsumen potensial Anda, cermati bagaimana kompetitor bekerja, dan sediakan modal yang memadai bersama Qazwa.

Terakhir, segera mulai bisnis Anda secepatnya! Semoga menginspirasi.

 

Referensi :

Ruang menyala. 9 CARA MEMULAI BISNIS ONLINE DARI NOL UNTUK PEMULA. https://www.ruangmenyala.com/article/read/cara-memulai-bisnis-online

Shopify.25 Best Online Business Ideas for 2024

https://www.shopify.com/id/blog/online-business-ideas#222

Fiverr. How to Start an Online Business in 11 Steps (+ Best Ideas). https://www.fiverr.com/resources/guides/business/start-online-business-and-work-from-home

Bigcommerce. How to Start an Online Business and Find Success. https://www.bigcommerce.com/blog/how-to-start-online-business/#h2_determine_your_niche_and_business_idea