Apakah Anda tengah dilanda kebingungan dalam mengembangkan usaha? Semakin berkembangnya pasar dan persaingan yang semakin ketat, semakin sulit pula untuk membuat produk Anda terlihat menonjol. Namun, jangan khawatir. Ada cara mengembangkan usaha yang dapat Anda terapkan.

Strategi yang akan diulas dalam artikel ini efektif meningkatkan kinerja usaha Anda dan menembus pasar dengan lebih efektif. Mari kita jelajahi bersama beberapa solusi berikut!

Cara Mengembangkan Usaha Secara Efektif

Begitu banyak opsi strategi cara mengembangkan usaha dalam kewirausahaan, belum lagi kelas-kelas online yang dibuat para mentor bisnis. Namun, sebagai pemula tentu sulit untuk menentukan yang terbaik. Karena itu, Anda perlu menyimak poin-poin berikut sampai tuntas yang mungkin bisa jadi referensi.

1. Menghadirkan Produk/Layanan Terbaik

Gambar sebuah tas berwarna hitam

Cara mengembangkan usaha kecil menjadi besar yang pertama adalah pastikan Anda memiliki produk atau layanan yang kuat dan berkualitas tinggi. Anda juga harus memahami produk tersebut luar dan dalam, sehingga tak ada keraguan dalam menawarkannya kepada customer. Sikap inilah yang akan mampu menarik pelanggan dengan tingkat konversi yang tinggi.

Jadi, jangan berhenti menguji produk-produk Anda, perbaiki kelemahannya dan berkomitmen untuk menyediakan solusi pada konsumen. Terakhir, komunikasikan value produk Anda kepada target pasar Anda.

2. Modernisasi Sistem Anda

Seseorang sedang menggunakan laptop

Selanjutnya, yang perlu Anda lakukan untuk membuat bisnis bertumbuh adalah memodifikasi sistem atau melakukan modernisasi. Jadi, jangan ragu melakukan otomatisasi penjualan dan pemasaran dengan berbagai aplikasi yang banyak tersedia.

Contoh yang paling gampang adalah, jika bisnis Anda masih berjalan secara offline, modernisasi dengan membuatnya online

Langkah selanjutnya adalah menerapkan berbagai sistem untuk memudahkan customer membeli produk Anda, misalnya dengan menyematkan landing page, CTA yang merujuk pada online shop Anda, dan seterusnya.

3. Membangun Saluran Penjualan

Membangun saluran penjualan

Cara mengembangkan usaha dagang kecil yang tak kalah penting adalah dengan mengupayakan untuk meningkatkan penjualan. Strategi-strategi yang umum diterapkan adalah menawarkan diskon, promo, membership, dan seterusnya.

Anda juga perlu mengumpulkan informasi kontak mereka untuk mengirimkan pembaruan tentang bisnis Anda misalnya saat meluncurkan produk baru.

Upaya-upaya membantu membangun saluran penjualan hingga akhirnya nanti membawa bisnis Anda ke next level.

4. Membangun Loyalitas Customer

Membangun loyalitas pelanggan

Anda juga perlu membangun loyalitas customer. Sebab, membuat orang membeli produk Anda tak sekadar karena memang kualitasnya bagus, tetapi produk itu sudah melekat di hati mereka, sehingga membangkitkan fanatisme.

Jadi, tak cukup hanya mendapatkan pelanggan baru, Anda juga perlu memastikan pelanggan Anda datang kembali/melakukan repeat order. Dengan begitu Anda berpotensi mendapatkan dua sumber penjualan, yaitu dari pelanggan baru dan dari pelanggan yang loyal.

Langkah strategi pengembangan usaha yang terkait dengan pelanggan ini, dapat Anda lakukan dengan:

  • Memperlakukan pelanggan dengan baik, yakni dengan memastikan CS Anda menangani pelanggan dengan benar, mendengarkan keluhan mereka, menjawab pertanyaan mereka dengan efektif, atau pendeknya memberi mereka pengalaman terbaik dengan menunjukkan bahwa Anda menghargai mereka sebagai pelanggan.
  • Membuat loyalty program secara teratur juga merupakan salah satu cara memberi penghargaan kepada pelanggan lama karena sudah mensupport bisnis Anda. Mereka juga dapat membantu Anda menarik pelanggan baru misalnya dengan tawaran bonus, diskon, komisi, atau voucher member get member.
  • Di era media sosial seperti sekarang ini, Anda juga perlu terlibat dengan pelanggan di media sosial. Jadi luangkan waktu untuk merespons dan berinteraksi dengan pelanggan di media sosial. Ini menunjukkan bahwa Anda menghargai masukan mereka dan merespon pertanyaan atau complain mereka dengan sungguh-sungguh.

5. Publikasikan Bisnis Anda

Publikasikan bisnis Anda

Cara ini bagus sekali terutama untuk bisnis yang baru berdiri. Bagi Anda yang ingin mencoba cara mengembangkan usaha kuliner, fashion, aksesoris, skincare, dan lainnya, bisa coba dengan berpartisipasi dalam acara dimana Anda bisa mempublikasikan bisnis sekaligus membangun jaringan, seperti misalnya pameran-pameran atau bazar.

Manfaat pertama yang bisa Anda dapatkan adalah meningkatkan visibilitas produk/layanan Anda untuk membantu menarik pelanggan baru. Kedua, memberi Anda kesempatan untuk bergabung dengan komunitas business owner lainnya yang tentunya bakal memberi banyak insight positif.

6. Menambah Modal Usaha

Menambah modal usaha

Penambahan modal merupakan langkah penting dalam mengembangkan usaha karena memungkinkan perluasan operasional, peningkatan kapasitas produksi, dan investasi dalam pemasaran dan pengembangan produk. 

Dengan modal tambahan, Anda dapat memperluas jangkauan pasar, meningkatkan efisiensi produksi, dan menghadapi persaingan dengan lebih percaya diri. 

Selain itu, modal tambahan juga dapat digunakan untuk merekrut dan melatih karyawan baru, mengadopsi teknologi baru, dan mengoptimalkan proses bisnis secara keseluruhan. Dengan demikian, penambahan modal menjadi kunci untuk membuka peluang baru dan mempercepat pertumbuhan usaha Anda.

Kembangkan Usaha dengan Qazwa

Cara mengembangkan usaha

Tak dapat dipungkiri, bahwa hambatan dalam berwirausaha yang terbesar adalah pada modal. Tapi, tenang saja karena ada solusi terbaik untuk Anda, yaitu bergabung dengan Qazwa.

Qazwa merupakan platform P2P syariah yang menjembatani antara pemilik modal/investor dengan pengusaha. Lantas, apa bedanya Qazwa dengan P2P konvensional?

Sebagai P2P syariah, platform ini sudah jelas menerapkan sistem yang berlandaskan syariat Islam dan sudah pasti bebas riba. Di sini yaitu investor (lender) dan pengusaha (borrower) sama-sama mendapat keuntungan yang adil tanpa saling menzalimi dengan sistem bagi hasil.

Langsung kunjungi website resmi Qazwa untuk mendapatkan informasi detail, atau Anda bisa mengunduh aplikasinya di Google Play Store.

Itu dia 6  cara mengembangkan usaha yang bisa jadi panduan untuk membawa bisnis Anda mencapai puncak. Pastikan produk/layanan Anda menjadi yang terbaik, lakukan modernisasi sistem, tingkatkan penjualan, buat pelanggan setiap kepada Anda, buat brand Anda populer, dan terakhir bergabunglah bersama Qazwa untuk menambah modal bisnis Anda.

 

Baca Juga! Cara Bisnis Bagi pemula !

 

Referensi :

Forbes. 7 Ways to Grow Your Business. https://www.forbes.com/sites/forbesbusinesscouncil/2022/12/16/7-ways-to-grow-your-business/?sh=61cbafcd1959

The Hartford. How to Grow a Small Business in 10 Easy Steps. https://www.thehartford.com/business-insurance/strategy/accelerate-growth/how-to-grow-small-business

Keap.The Small Business Guide to Growth: 16 Tips on How to Expand a Small Business. https://keap.com/business-success-blog/growth/planning-strategy/small-business-guide-to-growth

Binus. 15 Langkah Pengembangan Usaha yang Efektif Menghasilkan Laba. https://binus.ac.id/malang/2024/02/15-langkah-pengembangan-usaha-yang-efektif-menghasilkan-laba/