Bisnis rumahan bisa menjadi salah satu usaha yang anda lakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan atau dengan kata lain bisa menjadi sumber pemasukan lebih untuk anda dan keluarga.

Namun, seringkali, kendala menemukan ide bisnis menjadi penghalang bagi orang untuk memulai melakukan hal tersebut. Namun, anda tiidak perlu khawatir, karena dengan perkembangan zaman dan teknologi saat ini, anda bisa mendapatkan banyak sekali ide bisnis terbaik yang dapat meningkatkan sumber pemasukan.

Nah, dengan begitu penting untuk anda simak, berikut adalah 5 ide bisnis yang bisa kamu coba!

1. Bisnis Thrifting 

ide bisnis thrifting

Bisnis merupakan bisnis yang saat ini sedang digemari oleh anak muda. Binsis thrifting menjual barang bekas seperti pakaian, aksesoris, sepatu, dan barang lainnya. Langkah yang bisa anda lakukan untuk memulai bisnis thrift dengan mencari supplier thrift terlebih dahulu.

Lalu kemudian anda bisa melakukan sortir terhadap barang dengan kualitas terbaik agar dapat menentukan harga jual dari masing- masing produk tersebut

Sebelum kamu bisa menjualnya, alangkah baiknya pakaian-pakaian yang sudah dipilah bisa dicuci bersih terlebih dahulu dan wangi, lalu anda bisa mengambil foto produk yang bagus.

Setelah barang siap untuk dijual, anda bisa mengupload dan menjual produk thrift di berbagai platform seperti Social MediaMarketplace, ataupun E-Commerce.

2. Bisnis Dropship

Satu lagi ide bisnis yang dapat dilakukan secara online tanpa harus membuat produknya sendiri, yaitu dropshipper. Model bisnis dropshipper ini merupakan model bisnis yang tidak membutuhkan modal yang besar dan bisa anda lakukan tanpa memiliki stock barang sendiri.

Bisnis dropship sama dengan merupakan bisnis Kerjasama antara anda sebagai dropsipper dengan pemasok barang grosir yang akan anda jual kepada customer anda. Anda dapat menjual semua produk yang dimiliki oleh produsen atau pihak grosir sebagai pemasik lalu memasarkan produk tersebut atas nama Anda atau bisa disebut dengan istilah white labeling.

3. Jasa Desain Grafis

Selanjutnya merupakan ide bisnis yang bisa dijalankan bagi anda yang memiliki skill dalam bidang design, yaitu design grafis. Sebagai permulaan, anda bisa memulai bisnis ini nahkan dengan device yang sederhana seperti handphone , dengan menggunakan aplikasi design seperti Canva untuk keperluan design  logo, banner digital, dan lain sebagainya.

Atau anda juga  bisa menggunakan software desain grafis seperti Adobe Photoshop dan Illustrator jika memang sudah memiliki skill untuk menggunakan software tersebut. Anda akan mendapatkan keuntungan dari jasa yang ditawarkan untuk setiap desain nya. Anda dapat mempromosikan jasa desain melalui beberapa platform seperti social media dan marketplace.

4. Menjadi Blogger 

Anda juga bisa menghasilkan pendapatan dari menulis di internet lho! Dalam hal ini biasanya disebut dengan Blog, dimana para penulisnya biasa dinamakan sebagai  blogger. Menjadi blogger juga dapat menjadi sumber bisnis terutama bagi anda yang memiliki hobi menulis, memiliki blog bisa menjadi salah satu ide bisnis yang bisa anda lalukan dari rumah.

Anda bisa membuat tulisan atau cerita yang konsisten sehingga dapat membuat para pengunjung blog menjadi tertari dan dapat terus meningkatkan pengunjung tetap setia pada blog anda. Apalagi ditambah dengan sentuhan  SEO ( Search Engine Optimization ) dan Content Marketing yang dapat memaksimalkan tulisan dan blog anda di search engine.

Dalam bisnis ini, anda bisa mendapatkan pemasukan setelah kamu mendapatkan audiens, sehingga anda bisa memasang iklan, konten bersponsor, untuk menghasilkan pendapatan.

Nah, berikut adalah 5 ide bisnis yang bisa anda lakukan dari rumah yang yang banyak dilakukan. Anda bisa mempelajari ide tersebut dan mencocokan dengan skill yang anda miliki dan dengan ketertarikan anda pada bidang – bidang bisnis tersebut.

Selain membuka bisnis, menjadi pendukung pada suatu bisnis juga sebenarnya dapat menghasilkan, yang biasanya disebut sebagai passive income, anda tidak perlu terlibat dalam operasional bisnis, hanya menjadi pendana atau investor pada tiap bisnis yang anda pilih, dan saat ini umum dilakukan melalui penghubung antara pendana dengan bisnis yang biasa disebut Peer to Peer lending (P2P ).

P2P juga dapat menjadi opsi lanjutan bagi anda untuk mendapatkan sumber penghasilan tambahan, tanpa terjun secara langsung dalam bisnis namun dengan penilaian yang pastinya sudah teruji dan resiko yang telah dinilai dengan baik.

Baca Juga : 7 Tips Memperoleh Pasif income Untuk Capai Financial Freedom !

Referensi :

KasirPintar. Ingin Buka Bisnis Rumahan?Ini Dia 5 Ide Bisnis Rumahan Trend 2023 yang Bisa Dicoba!. https://kasirpintar.co.id/solusi/detail/ingin-buka-bisnis-rumahan-ini-dia-5-ide-bisnis-rumahan-trend-2023-yang-bisa-dicoba